Wujudkan Keterbukaan Informasi, DPRD Sumbar Lahirkan Tagline CDMD

Rabu, 01 November 2023, 20:48 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Wujudkan Keterbukaan Informasi, DPRD Sumbar Lahirkan Tagline CDMD
Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis menyambut kedatangan Komisioner KI Sumbar, Arif Yumardi dan Tanti Endang Lestari saat visitasi dalam rangka verifikasi faktual badan publik ke sekretariat DPRD Sumbar, Selasa. (humas)

PADANG (31/10/2023) - Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar, Arif Yumardi menilai, sekretariat DPRD Sumbar, memenuhi spesifikasi keterbukaan informasi sebuah badan publik.

Inovasi yang telah ada saat ini, menurut dia, sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengetahui kinerja kedewanan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

"Ada yang menarik dengan slogan Sekretariat DPRD Sumbar, yaitu Cepat Diterima, Mudah Dicerna (CDMD). Slogan ini merupakan komitmen sekretariat dalam menerapkan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," ungkap Arif Yumardi di Padang, Selasa.

Hal itu dikatakan Arif saat melakukan visitasi dalam rangka verifikasi faktual badan publik ke sekretariat DPRD Sumbar.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Diketahui, Sekretariat DPRD Sumbar sudah menerapkan keterbukaan informasi dengan optimal. Untuk menunjang pelayanan informasi, Sekretariat DPRD Sumbar telah memiliki berbagai inovasi.

Hal ini, telah mempermudah masyarakat untuk mengetahui kerja-kerja strategis penyelenggaraan pemerintahan daerah, tentunya dalam lingkup kesekretariatan dan kedewanan.

Beberapa inovasi yang adi perhatian KI dari Sekretariat DPRD Sumbar adanya website yang terintegrasi secara nasional yaitu Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN).

Selanjutnya, Aplikasi Aspirasi Publik (Asik). Aplikasi ini memiliki peran penting untuk menjaring aspirasi masyarakat secara daring dan bisa diunduh melalui playstore di telepon seluler berbasis Android.

Baca juga: DPRD Sumbar Minta Asrama Haji Embarkasi Padang Siapkan Antisipasi Dampak Debu Vulkanik Gunung Marapi

Dalam verifikasi faktual tersebut, KI Sumbar disambut Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis, Kepala Bagian (Kabag) Persidangan, Zardi Syahrir dan Kasubag Humas Protokol, Dahrul Idris.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: