Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2023, Mahyeldi: Akses Keuangan harus Tersedia Cepat dan Tepat

Minggu, 29 Oktober 2023, 17:30 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2023, Mahyeldi: Akses Keuangan harus Tersedia Cepat dan...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi foto bersama dengan jajaran OJK Sumbar, pada gelaran Puncak BIK Tahun 2023 yang digelar di halaman kantor gubernur Sumbar, Ahad. (humas)

PADANG (29/10/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menilai, akses keuangan harus tersedia secara cepat dan tepat, menyasar masyarakat yang membutuhkan dalam rangka mendorong optimalisasi potensi ekonomi pada berbagai sektor.

Hal itu mesti teraplikasi mulai dari pengembangan usaha pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata, UMKM serta usaha potensial daerah lainnya.

"Tim Percepatan Akses Keuangan (TPAKD) Sumbar dan TPAKD Kabupaten/Kota, mesti melakukan berbagai upaya dan inovasi demi meningkatkan akses produk dan layanan jasa keuangan di berbagai lapisan masyarakat," ungkap Mahyeldi di Padang, Ahad siang.

Hal itu dikatakan Mahyeldi saat memberikan sambutan pada kegiatan Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) dengan tema 'Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera.'

Baca juga: Nilai Transaksi Pasar Modal Sumatera Barat hingga Februari 2024 Tembus Rp1,58 Triliun

Berbagai kegiatan digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar pada event yang dipusatkan di halaman kantor gubernur Sumbar itu.

Dikesempatan itu, Mahyeldi juga berharap, terjadi peningkatan dalam pelaksanaan program kerja TPAKD Tahun 2023, dalam bentuk program pemberdayaan UMKM, peningkatan akses keuangan syariah, serta pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat nagari.

"Semua pihak harus bersinergi mendorong keterbukaan dan kemudahan akses keuangan melalui literasi keuangan ke seluruh lapisan masyarakat," kata Mahyeldi.

Selanjutnya, Mahyeldi mengharapkan, terjadinya peningkatan dalam fasilitasi penyaluran kredit/pembiayaan bagi pelaku UMKM.

Baca juga: PDRB Sumbar Membaik Seiring Tumbuhnya Industri Perbankan Sumbar Posisi Februari 2024

Kemudian, terpublikasinya program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen dan meningkatnya aliansi strategis dengan stakeholder terkait dalam usaha perbaikan literasi dan inklusi keuangan.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: