Kerja Sampingan PNS Ini Gajinya Rp2 Juta Sehari, Apa Ide Bisnis yang Diusahakannya?

Senin, 30 Oktober 2023, 07:04 WIB | Bisnis | Nasional
Kerja Sampingan PNS Ini Gajinya Rp2 Juta Sehari, Apa Ide Bisnis yang Diusahakannya?
Ilustrasi Ide Bisnis berupa Usaha Jualan Sayur (foto: Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Hal ini adalah sebuah kiat baginya kepada warga setempat, agar mengurangi penggunaan sampah plastik. Dari usaha tersebut, kini ia sudah punya kurir sendiri dan bisa memberikan pekerjaan pada yang membutuhkan.

Tips Jualan Sayur yang Diusahakan Mas Cahyo

Pada video lain, Mas Cahyo juga mengaku bahwa sistem penjualannya yaitu harus order dulu. Jadi, ia tidak pernah stok barang karena beresiko besar akan rugi dan ia tidak mau barangnya tidak laku.

"Kalau gak laku kan pasti cepat busuk ya namanya juga sayuran, saya saranin buat pemula, jangan nyetok sayur. Kalau sudah di atas 10 pelanggan hariannya baru nyetok," ujar Sarjana pertanian tersebut.

Baca juga: Kerja dari Rumah, Kamu Wajib Coba Ide Freelance Ini!

Kesimpulannya menurut Cahyo adalah sistem promosi ke berbagai media sosial, termasuk dirinya yang aktif TikTok setiap hari dengan postingan usaha serupa. Bahkan, ia juga punya grup bimbingan usaha serta punya buku sendiri terkait bisnis.

"Ide baru dan melindungi Bumi dari sampah, wadah di refill. Box reusable ini bisa diapakai ribuan kali untuk mencegah kantong plastik sekali pakai," jelasnya pada sebuah video lainnya.

Intinya, Mas Cahyo berhasil membuat gebrakan baru dalam dunia bisnis yaitu mengurangi sampah plastik. Apalagi, latar belakangnya yang kerja sampingan dari seorang PNS saja sudah sangat inspiratif.

Cara Jualan ala Mas Cahyo Biar Gajian 2 Kali Lipat PNS

Dalam video lainnya, Mas Cahyo memaparkan metode jualannya yaitu dengan mengambil untung sekitar Rp2000, Rp5.000 sampai Rp10.000 dari setiap sayurannya. "Semua tergantung jenis pesanannya apa," ujar PNS di Lampung tersebut.

Selain itu, ia memberikan saran kepada penjual bahwa jangan mengambil untung begitu besar karena akan membuat pembeli kapok dan hanya belanja sekali saja. Maka dari itu, perlu latihan dan praktek yang baik.

Dari yang awalnya diragukan banyak orang, Mas Cahyo akhirnya sudah punya lebih dari 200 mitra se-Indonesia. Jadi kalau kamu ingin bermitra juga boleh karena Mas Cahyo, membuka kesempatan sampai Papua.

Atau apabila kamu ingin membuka bisnis sejenis didaerahmu juga bisa, tentunya akan lebih baik dan murah juga. Apalagi, niat baikmu untuk mengurangi sampah plastik dapat terealisasi demi masa depan bangsa.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: