Ide Usaha Buat Anak Muda Pedesaan, Kurangi Kasus Pengangguran Intelek

Jumat, 27 Oktober 2023, 21:03 WIB | Bisnis | Nasional
Ide Usaha Buat Anak Muda Pedesaan, Kurangi Kasus Pengangguran Intelek
Ilustrasi Ide Usaha dan Bisnis di Pedesaan (foto: Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Maksud kata terkait di atas yaitu dari lahan Ternak Lele yang ada airnya, dimanfaatkan untuk menyiram Tanaman Sayur Organik. Bahkan, kotoran dari Ternak Ayam dipergunakan sebagai pupuk Sayuran.

Ide Usaha Buat Anak Muda Pedesaan

"Intinya kita berusaha mengelola modal seminim mungkin agar menghasilkan keuntungan lebih besar, apalagi warga desa bisa terpenuhi kebutuhan gizinya dan dapat mengurangi angka stunting desa. Ini salah satu tujuan kami," jelasnya.

Dari perkumpulan para ibu-ibu yang ingin mengisi waktu luang dan menambah penghasilan, muncul lah ide untuk memanfaatkan lahan kosong. Pengelolaannya dilakukan oleh 3 RT, tujuannya untuk makan sehari-hari saja.

Baca juga: PETANI PESSEL Diimbau Gunakan Pupuk Organik

"Jadi ibu-ibu gak perlu nunggu tukang sayur dulu untuk masak, terus karena pengolahan dari kita untuk kita juga, makanya harganya juga lebih murah. Ini merupakan bentuk kerjasama masyarakat dengan desa setempat," ungkap Azalea.

Mereka mengaku bahwa ada penjadwalan aktivitas berupa piket dalam pengolahan, jadi ada ibu-ibu yang bekerja dan menjual hasil ke sesama warga desa. Ibu yang bekerja dapat uang tambahan, warga yang menikmati bisa terpenuhi gizi keluarga karena tanaman organik.

Lalu, kenapa ibu-ibu? Azalea berpendapat bahwa usaha ini sebagai bagian dari pemberdayaan perempuan dengan pembuktian bahwa perempuan juga bisa bekerja pada lahan pertanian yang sering diremehkan. Bahkan, bisa menghasilkan lebih banyak manfaat.

Tujuan Ide Usaha Pertanian Ternak lele Ayam dan Tanaman Sayur Organik.

Beragam manfaatnya, tidak hanya mendorong kebutuhan ekonomi dari segi pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari, tentu sudah dapat dipenuhi dari hasil bertani. Namun tujuan lainnya yaitu, pemenuhan gizi.

"Pemerintah Wonogiri pada 2024 nanti sedang mengusahakan pengurangan Stunting (kurang gizi pada anak) menjadi 0 dan salah satu langkah yang dapat diambil yaitu memastikan mereka mendapatkan makanan yang layak," ungkap Azalea.

"Jadi ada 3 tujuan yaitu bidang ekonomi dengan menggandeng ibu-ibu desa pada usaha terkait, pemenuhan kebutuhan gizi dan mengurangi stunting untuk 2024 mendatang serta inovasi bertani keren. Uangnya luar biasa loh," jelasnya.

Dapat disimpulkan bahwa kamu yang ada di desa dan ingin mengusahakan ide bisnis tersebut, bisa menanyakan inovasi terkait ke pihak pedesaan dan mengajak lebih banyak warga desa untuk bekerja sama seperti yang dilakukan masyarakat Wonogiri.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: