Pembangunan Manusia Sumut Dihadang Stunting, Narkoba dan Jenjang Pendidikan

Rabu, 25 Oktober 2023, 07:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Pembangunan Manusia Sumut Dihadang Stunting, Narkoba dan Jenjang Pendidikan
Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin hadiri dies natalis ke-71 Universitas Sumatera Utara (USU), di auditorium kampus yang berada di Jalan Dr Mansyur No 9, Medan, Selasa. (humas)

"Kalau ingin menyelamatkan generasi emas 2045, kita harus bebaskan generasi kita dari Narkoba," tegas Hassanudin.

Transformasi USU

Menurut Rektor USU, Muryanto Amin mengungkapkan, Indonesia akan mendapat bonus demografi 2030-2045 dengan jumlah penduduk 297 juta hingga 318,9 juta jiwa.

Baca juga: Sumbar Luncurkan Gerakan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, ASN dan Pelajar akan Jalani Test Urine

Saat ini bonus demografi ini sudah dimiliki Indonesia, dimana 64,9 juta jiwa merupakan generasi muda dan 181 juta jiwa usia produktif.

"Dampaknya, Indonesia selalu dilihat sebagai basis konsumsi dan pasar yang besar di mata dunia," terangnya.

"Jika dimanfaatkan secara maksimal, Indonesia akan jadi lima negara dengan perekonomian terkuat di dunia. Bila tidak dikelola dengan baik, yang akan terjadi adalah bencana demografi," tegas Muryanto Amin.

USU dengan misi jadi universitas berstandar internasional, telah melakukan berbagai transformasi di berbagai lini.

Ada 6 program prioritas USU, untuk mewujudkan hal tersebut yaitu revitalisasi struktur dan tata kelola universitas, memperkuat riset dan pembelajaran, revitalisasi aset, digitalisasi kampus, memperkuat branding dan meningkatkan kerjasama.

"Inovasi, transformasi dan berkelanjutan adalah model yang digunakan untuk pengembangan USU dengan misi menyukseskan agenda pembangunan nasional dan pembangunan SDM secara merata," terang Muryanto Amin.

Hadir pada Dies Natalis ke-71 USU ini antara lain Konjen Malaysia Aiyub Bin Omar, Forkopimda Sumut, Ketua Majelis Amanat USU, Nurmala Kartini.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: