Rekomendasi Bisnis Usaha Hydroponik Bagi Warga Desa, Omset Rp20 Juta Sebulan

Selasa, 24 Oktober 2023, 19:04 WIB | Bisnis | Nasional
Rekomendasi Bisnis Usaha Hydroponik Bagi Warga Desa, Omset Rp20 Juta Sebulan
Ilustrasi Ide Usaha berupa Bisnis dengan berjualan Hydroponik Selada (foto: Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Waktu itu 2021 mulainya dengan modal anggaran desa yang diperuntukkan bagi pertanian, mulai merintis dari 0. Dari yang tidak tahu apa itu Hydroponik sampai bisa seberkembang ini," ujar Regi Zamzam kepada Youtuber Naik Kelas.

"Dibikin tempat ini sebagai wadah bagi orang yang mau bergabung jadi petani, bahkan kini sudah ada tim nya dalam pemasaran dan lainnya. Dari gajian Rp80 ribu per hari dari kerjaan lama hingga omset Rp20 juta sebulan dari bisnis ini," jelasnya.

Tips Bisnis Regi Zamzam Agar Ngomset Rp20 Juta Sebulan

Sebelum bertemu Pak Kades, Regi Zamzam cuma buat 1-2 saung sampai sekarang sudah punya lahan 6.000 lubang yang dipanen setiap 20-40 hari sekali. "Omset sekali panen sekitar Rp20 jutaan dan bisa lebih kalau peremajaan (teknik percepatan) sukses," ungkapnya.

Baca juga: Tips Memilih Bisnis Franchise yang Tepat, Dijamin Anti Rugi!

"Tips berbisnisnya sambil jalan yaitu dari belum nemu bibit dan nutrisi yang bagus sampai sukses hingga saat ini, meski ada beberapa kendala seperti perang sama hama & ulat serta ketakutan adanya perang harga dengan produk konvensional lain.

"Ketika kemarau karena ada selada bokor dari konvensional yang banting harga jauh lebih murah, untungnya kita punya kelebihan yaitu konvensional ada getah. Sementra hydroponik mah manis karena dijual sama busa nya agar tidak layu," kata Regi Zamzam dalam keterangannya.

Selain itu, pebisnis asal Tasikmalaya tersebut juga selalu menyertakan nama Tuhan dalam setiap usahanya sebagai tips kedua. "Yakin dengan pertolongan Allah yang datang tidak cepat atau lambat, tapi tepat waktu," jelasnya lagi.

Terakhir, menurutnya bahwa semua orang pasti bisa kalau mau belajar meski bukan dari background pertanian. "Harapannya bisa buat 100 ribu lubang & mengajak lebih banyak orang buat kerja sama," kata Regi Zamzam lagi.

"Asal halal ya diperjuangkan, apalagi jika bermanfaat bagi banyak orang. Jangan malu jadi petani, karena banyak bermanfaat bagi warga sekitar. Berani coba hal baru," tutup pebisnis Hydroponik Selada tersebut sebagai pemaparan tips terakhir.

Ide Usaha Hydroponik Selada yang Cocok di Pedesaan

Bagi kamu yang tinggal di desa, dapat mencoba ide usaha Hydroponik selada ini karena kunci sukses bibitnya ada pada penggunaan metode air, busa & Talang. Tidak perlu main kotor, memberi supply nutrisi dari aliran air saja dengan menggunakan mesin pompa air.

Menurutnya dalam bertani, memiliki tantangan tersendiri seperti gampang-gampang susah karena membutuhkan ketekunan. "Harus sering ngecek kualitas air sama nutrisinya agar tidak kena hama," kata Regi Zamzam lagi dalam keterangannya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024