Kiat Sukses Pengusaha Keripik di Ciamis Ini, Tutupi Kerugian 1 Miliar, Caranya?

Kamis, 19 Oktober 2023, 11:23 WIB | Bisnis | Nasional
Kiat Sukses Pengusaha Keripik di Ciamis Ini, Tutupi Kerugian 1 Miliar, Caranya?
Ilustrasi Tips Sukses Pengusaha dalam menutupi kerugian bisnis (foto: Canva)

JIKA berbicara tentang usaha atau pun bisnis, tentu tidak semuanya dapat terus berjalan lancar. Akan selalu ada hambatan, sampai sukses.

Sebuah cerita dari salah seorang pedagang keripik kaca di Ciamis yang bernama Ai Iip Apipah, membagikan kiat sukses untuk mempertahankan usahanya.

Bahkan, kiat sukses tersebut berhasil menutupi kerugian Rp1 Miliar yang kondisinya saat itu, ia hampir bangkrut. Kira-kira, apa ya yang dilakukannya?

Rangkuman tersebut, akan Valora News kupas tuntas pada artikel ini. Siapa tahu dapat memberi mu inspirasi dalam menjalankan bisnis, sehingga bisa terhindar dari kerugian.

Baca juga: Kisah Sukses Pengusaha Keripik Pisang Raup Omzet Rp20 Juta! Buruan Simak

Sebelum mengetahui kiat sukses pengusaha keripik kaca yang bernama Beledag Jagara di Ciamis, Jawa Barat tersebut, simak dulu sekilas cerita terkait pengembangan usaha si pemilik Ai Iip Apipah.

Perkembangan Usaha Bisnis Beledag Jagara, milik Ai Iip Apipah

Jadi, usaha keripik kaca milik Ai Iip Apipah ini diberi nama Beledag Jagara. Awal mula jualan, sudah dilakukan semasa sekolah dengan modal bahan seadanya di rumah dan menjajalkan dari teman ke teman.

"Mama pinter masak trus di sekolah banyak teman, jadi coba jualan dan laku. Dari pesanan 1 kresek sampai semua guru hingga alumni ikut beli," ujar Ai Iip Apipah kepada Youtuber Naik Kelas.

Berbekal pengalaman hidup itu, membuat pengusaha berusia 25 tahun tersebut pun berani melebarkan usahanya dan merintis bisnis dengan sungguh-sungguh. "Gak ada modal awalnya, jadi kalau laku dikumpul buat pengembangan," jelasnya.

Baca juga: Modal Awal Rp50 Ribu Sampai Untung Rp4 Juta Sehari Jualan Keripik Singkong, Tertarik?

Ai Iip Apipah mengaku saat mulai pengembangan bisnis, tidak mengeluarkan modal. Maksudnya di sini, jika ada Beledag Jagara laku, maka keuntungannya disalurkan untuk usaha. Mulai dari cari karyawan, hingga bangun tempat produksi sendiri.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: