Usaha Bawang Goreng Bisa Bangun Rumah dan Beli Mobil, Simak 6 Tips Suksesnya

Rabu, 18 Oktober 2023, 16:33 WIB | Bisnis | Nasional
Usaha Bawang Goreng Bisa Bangun Rumah dan Beli Mobil, Simak 6 Tips Suksesnya
Ilustrasi Bisnis Jualan Bawang Goreng hingga sukses buat rumah & beli mobil (foto: Youtube Rajarasa Channel & Canva)

PERNAH kah terfikir oleh kamu untuk membuat usaha yang menghasilkan keuntungan hingga bisa buat rumah, beli mobil hingga punya banyak pekerja?

Hal tersebut, sama sekali tidak pernah terbayangkan oleh ibu Sulistyo Rini di Solo yang memulai bisnisnya dengan usaha Bawang Goreng sampai kini sukses besar.

Awalnya, ia bahkan hanya ingin memenuhi kebutuhan hidup dan melunasi hutang orang tua. Berawal dari latar belakang pekerjaan seorang pembantu di Jakarta yang suka masak bawang goreng.

Bisnis ibu Sulistyo Rini tidak hanya sukses besar, tapi berhasil bangun rumah dan beli mobil hingga tabungan umroh. Bahkan, ia telah punya beberapa karyawan yang menggantungkan hidup pada usahanya.

Baca juga: Peluang Bisnis yang Tidak Ada Matinya! Pengangguran Harus Coba Ini

Karena itu lah, ia membagikan 6 tips sukses dalam mengembangkan usahanya pada Youtuber Rajarasa Channel. Sebelum mengetahui rangkuman tersebut, simak dulu proses pembuatan bawang goreng khas Solo tersebut.

Proses Pembuatan Bawang Goreng Khas Solo

Awalnya, ibu Sulistyo Rini hanya menggunakan 2 kilo bawang merah dan sempat berhutang pada supplier di Tawangmangu. Dulunya, ia hanya membuat bawang goreng untuk dibawa sang anak sebagai bekal di sekolahan.

Kemudian, para guru pun meminta lebih banyak sekitar 1 hingga 2 toples dan terus mengalami kenaikan langganan. Setelah 8 tahun, kini, per hari bisa produksi 6 kwintal atau sekitar 600kg bawang merah dari Pemalang & Tawangmangu.

Selain usaha bawang goreng, ibu Sulistyo Rini juga bikin usaha sambal pecel dan gelantin. Tapi yang paling laku adalah Bawang Goreng yang bernama Brambang Goreng ini, ia bahkan masih menggunakan proses manual untuk jaga kualitas.

Baca juga: Tinggal di Pedesaan Raup Penghasilan Rp300 Ribu/Hari, Cobain Peluang Usaha Ini

Pertama, dikupasnya bawang merah secara manual sampai bersih. Kemudian, diiris satu satu dan dipotong manual. Selanjutnya dicuci bersih dalam rendaman air garam, ini adalah rahasia kelezatan Bawang Goreng khas Solo ini.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: