Mahyeldi Janjikan Jalan Penghubung Payakumbuh-Lintau Diperbaiki, Ini Syaratnya

Minggu, 15 Oktober 2023, 09:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Mahyeldi Janjikan Jalan Penghubung Payakumbuh-Lintau Diperbaiki, Ini Syaratnya
Gubernur Sumbar, Mahyeldi meninjau jalan rusak akibat kendaraan tambang yang akhirnya memicu kerusakan ruas jalan Lareh Sago Halaban-Lintau, Sabtu. (humas)

LIMAPULUH KOTA (13/10/2023) - Ruas jalan Lareh Sago Halaban-Lintau sepanjang 8 Km lebih, kondisinya kini telah rusak parah.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menegaskan, jalan ini akan diperbaiki melalui APBD Sumbar Tahun 2024.

"Sebelum jalan ini diperbaiki, perlu dikaji ulang penyebab kerusakan jalan," tegas Mahyeldi saat rapat bersama Camat Lareh Sago Halaban dan Walinagari se-Kecamatan Lareh Sago Halaban di kantor Walinagari Labuah Gunuang, Jumat.

Berdasarkan informasi yang diterima, ungkap Mahyeldi, jalan itu rusak akibat tiap jam dilindas dump truk bermuatan material batu melebihi kapasitas.

Baca juga: BANJIR PESSEL: Pemkab Anggarkan Perbaikan Kerusakan Jalan dan Jembatan Rp28 Miliar

"Kami akan meninjau dan menertibkan usaha-usaha tambang yang ada di Kecamatan Lareh Sago Halaban ini," ucap Mahyeldi.

Mahyeldi mengatakan, jika jalan itu diperbaiki sekarang, pasti bakal rusak kembali kalau terus menerus ditempuh oleh dump truk yang bermuatan 45 ton tanpa beraturan tentu hal yang percuma.

"Sementara, jalan itu adalah jalan kelas III dapat ditetapkan muatan sumbu terberat kurang dari 8 ton, itupun hanya bisa untuk kapasitas mobil truk colt diesel, tidak dump truk yang muatannya 45 ton," kata Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi menilai, kondisi jalan ini sama persis dengan jalan nasioonal di ruas Kabupaten Solok ke Solok Selatan tepatnya di perbatasan kedua daerah, Air Dingin.

Baca juga: Pemko Pekanbaru Gesa Perbaikan Infrastruktur untuk Masyarakat

"Balai Prasana Jalan kementerian PUPR keberatan melaksanaan perbaikan jalan tersebut karena masih masifnya kegiatan pertambangan yang menyebabkan kerusakan jalan dalam waktu cepat," ungkap Mahyeldi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: rilis adpsb

Bagikan: