Salurkan Rp2,4 Miliar untuk Mustahik di Triwulan III, Gubernur Apresiasi Transparansi Baznas Sumut

Sabtu, 14 Oktober 2023, 11:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Salurkan Rp2,4 Miliar untuk Mustahik di Triwulan III, Gubernur Apresiasi Transparansi...
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin saat penyerahan dan pendistribusian Zakat, Infak dan Sedekah Triwulan III tahun 2023 Baznas Sumut, di Aula Tengku Rizal Nurdin, kantor gubernur, Jumat. (humas)

MEDAN (13/10/2023) - Triwulan III tahun 2023 ini, Baznas Sumut berhasil mengumpulkan Rp2,4 miliar dana untuk disalurkan pada mustahik (penerima zakat). Zakat ini akan disalurkan kepada fakir miskin, amil, mualaf, riqab, gharimin dan lainnya.

"Ini (fakir miskin) tanggung jawab kita bersama. Sesuai syariat Islam ada hak orang lain dari pendapatan kita, semua ada ketentuannya baik secara syariat dan juga regulasi negara kita, saya harap kesadaran masyarakat kita untuk berzakat, bersedekah terus meningkat," kata Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin di Medan, Jumat.

Hal itu dikatakan Hassanudin saat penyerahan dan pendistribusian Zakat, Infak dan Sedekah Triwulan III tahun 2023 di Aula Tengku Rizal Nurdin, kantor gubernur Sumut.

Hassanudin berharap, kesadaran masyarakat untuk membayar zakat, memberi infak dan sedekah terus meningkat. Meningkatnya kesadaran masyarakat, juga akan meningkatkan jumlah masyarakat miskin yang bisa dibantu.

Baca juga: DWP Sumut Lepas Anggota Pergi Haji dengan Tradisi Tepung Tawar

Hassanudin juga mengapresiasi upaya Basnaz Sumut, yang terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat membayar zakat. Dia memastikan akan memberikan dukungan penuh untuk memperlancar program-program Baznas Sumut.

"Apa yang perlu saya lakukan untuk memperlancar program Baznas akan saya lakukan, saya sangat apresiasi program-program Baznas Sumut dan juga transparansi yang dilakukan," kata Hassanudin.

Ketua Baznas Sumut, Mohammad Hatta mengatakan, berdasarkan data BPS tahun 2022 penduduk miskin di Indonesia mencapai 26,3 juta jiwa.

Di Sumut sendiri pada periode yang sama angka kemiskinan turun 0,18 poin, dari 8,33% menjadi 8,15%.

Baca juga: Pj Bupati Deliserdang dan Taput Dilantik, Ini Pesan Gubernur Sumut

"Memang bukan sepenuhnya karena zakat, infak dan sedekah yang terus meningkat di Sumut, tetapi apa yang kita lakukan Insya Allah, memberi andil mengurangi kemiskinan di Sumut," kata Hatta.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: