Tanpa Skill Khusus, Freelancer bisa Bergaji 2 Digit! Wajib Tahu Tips Ampuh Ini

Minggu, 08 Oktober 2023, 14:20 WIB | Bisnis | Nasional
Tanpa Skill Khusus, Freelancer bisa Bergaji 2 Digit! Wajib Tahu Tips Ampuh Ini
Ilustrasi Tips Freelance Bagi Pemula yang Minim Skill (foto: Canva)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

- Apabila ada kerjaan yang belum pernah kamu kerjain tapi nyerempet di bidang kamu, lamar aja dengan penawaran harga lebih murah.

- Kumpulin testimoni dengan berikan pelayanan gratis sekali, misalnya.

- Jika perlu, screenshoot saja percakapan dengan klien yang bilang kalau kinerjamu bagus.

Intinya sebagai pemula, kamu harus buat portfolio di awal dengan cari klien gratis agar dapat testimoni misalnya. Kalau perlu, boleh buat website sendiri selain dipublikasikan di akun sosmed tadi.

Lakukan pembaruan keahlian atau pun portfolio secara signifikan dan berkepanjangan. Jangan lupa tingkatkan skill bahasa Inggris, agar mudah berkomunikasi serta peroleh klien dari luar negeri dengan bayaran tinggi.

Kalau sudah sebar jaring sana-sini tapi belum pecah telor, maka ada yang salah. Entah platform kamu nyebarin jaring, portofolio, harga, atau bahkan cara kamu sebar jaring itu sendiri.

Kalau udah satu bulan gak dapet klien, ubah metode pendekatan kamu ke calon klien. Alih-alih langsung nawarin jasa kamu ketika ada yang cari, coba mulai percakapan dulu. Kenali dulu calon klien kamu dan apa yang dia butuhin, baru kamu tawarkan solusi.

Kalau masih belum laku juga, persempit niche. Misal kamu biasa tawarkan jasa desain grafis, itu luas sekali. Persempit skill kamu. Misalnya jadi jasa desain vector 2d untuk buku ilustrasi anak dengan style paper art.

Intinya, bangun hubungan sebaik mungkin dengan siapa pun yang berpotensi jadi klien mu. Kalau salah, minta maaf. Kunci freelancing sukses itu, kamu jadi ahli di niche kecil yang gak banyak orang bisa.

Itulah informasi terkait tips freelancer dapatkan klien pertama bagi pemula yang belum punya skill sama sekali, hingga kiat peroleh penggajian hingga 2 digit berdasarkan rangkuman Valora News dari Qoura Aicha Mahavikri. (*)

Jika kamu ingin mendapatkan informasi terkait tips freelancer lainnya dan DANA Kaget setiap harinya, silakan bergabung di Grup Telegram Ini.

Halaman:
1 2 3

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: