Pemkab Mentawai Gelar Upacara Kesaktian Pancasila, Fernando: Momen Rancang Keseimbangan Baru

Senin, 02 Oktober 2023, 08:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Pemkab Mentawai Gelar Upacara Kesaktian Pancasila, Fernando: Momen Rancang Keseimbangan...
Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simajuntak jadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, di halaman kantor bupati Kepulauan Mentawai. (daniwarti)

MENTAWAI (1/10/2023) - Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simajuntak mengatakan, Pancasila adalah kekuatan bangsa Indonesia. Kesaktian Pancasila menjadikan Indonesia tangguh dimasa kini dan dimasa yang akan datang.

"Pancasila yang menjadikan Indonesia mewujudkan kemerdekaan kita dalam berkarya, berkreasi dan berinovasi sehingga generasi ini jadi mandiri," ungkap Fernando di Tuapejat, Ahad.

Hal itu dikatakan Fernando usai jadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, di halaman kantor bupati Kepulauan Mentawai. Upacara ini diikuti Forkopimda, pimpinan OPD, para pejabat struktural, ASN dan undangan lainnya.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 berlangsung khidmat dengan mengusung tema "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju."

Baca juga: Dinas Kesehatan Mentawai Gagas Kebun Herbal Kukuet, Bupati: Layak jadi Destinasi Wisata

Fernando dalam amanatnya menyampaikan, peringatan hari Kesaktian Pancasila sebagai langkah untuk menyatukan cita-cita dan langkah ke depan.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang," ucapnya.

Selama ini, terang dia, upaya yang dilakukan lebih berfokus pada hasil akhir, mengenyampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan.

Hal tersebut tak sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang menyelaraskan potensi sumberdaya alam dengan sumber daya manusia.

Baca juga: HUT Mentawai ke-24 Tahun, Wagub Sumbar: Pembangunan SDM itu Penting dan Tidak Bisa Instan

"Inilah waktunya kita merancang keseimbangan baru, yang mengedepankan kemajuan semua kelompok masyarakat dan memprioritaskan konsevasi alam," ungkap Fernando.

Halaman:

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: