Harga Beras Melonjak, Wabup Tanah Datar: Gunakan Beras Lokal untuk Operasi Pasar

Senin, 25 September 2023, 19:35 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Harga Beras Melonjak, Wabup Tanah Datar: Gunakan Beras Lokal untuk Operasi Pasar
Wabup Tanah Datar, Richi Aprian memimpin rapat pengendalian inflasi daerah bersama instansi terkait di Pagaruyung, Senin. (irfan taufik)

TANAH DATAR (25/9/2023) - Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian mengingatkan instansi terkait bila melakukan operasi pasar murah hendaknya menggunakan beras lokal.

"Dalam operasi pasar murah khususnya beras, diharapkan dilaksanakan dengan barang yang tepat, jangan sampai menggunakan beras dari luar yang harganya lebih murah," kata Richi saat rapat pengendalian inflasi daerah, di Pagaruyung, Senin.

Dia mengatakan, dengan menggunakan beras lokal akan dapat membantu masyarakat secara langsung, apalagi beras yang ada di Sumbar dengan kualitas medium setingkat premium beras dari luar.

Richi mengharapkan, instansi terkait untuk memaksimalkan instrumen yang ada dalam mengendalikan inflasi daerah.

Baca juga: Pesta Siaga Pramuka 2023, Wabup Tanah Datar: Jadikan Ajang Pewaris Karakter dan Budi Luhur

"Operasi pasar murah ditargetkan dapat memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat," tutur Richi.

Richi menyampaikan, untuk pengendalian harga beras tidak hanya dilaksanakan di pasar saja, namun juga menjaga stabilitas harga di tingkat petani.

"Karena menyangkut gabah dan beras di tingkat petani, tentu saja pengendalian harga beras bisa dilakukan dengan dukungan instansi terkait, seperti ketersediaan irigasi yang baik, pengendalian hama tikus dan ketersediaan pupuk," tutur Richi. (*)

Penulis: Irfan Taufik
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: