Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemilu 2024, Hidayat Minta KPU Perbanyak Dialog di Ruang Publik

Rabu, 20 September 2023, 18:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemilu 2024, Hidayat Minta KPU Perbanyak Dialog di Ruang...
Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat (dua dari kanan) bersama komisioner KPU Sumbar, Jons Manedi (dua dari kiri), saat tampil dalam program Parlemen Menyapa di RRI Pro 1, Selasa. (humas)

PADANG (19/9/2023) - Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat mengajak KPU sebagai penyelenggara Pemilu, menyosialisasikan pesta demokrasi ini melalui dialog yang digelar di ruang publik.

"Dialog di ruang publik ini, dipandang akan mampu mengikis budaya apatis pemilih pemula sekaligus upaya mendongkrak partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024," ungkap Hidayat, mewakili Ketua DPRD Sumbar, Supardi dalam program Parlemen Menjawab yang diselenggarakan RRI Pro 1 di SMK 7 Padang, Selasa.

Dikatakan Hidayat, tidak bisa dipungkiri, pemilih pemula yang mayoritas kaum milenial, sedikit apatis untuk menggunakan hak pilih di setiap perhelatan Pemilu.

"Mereka memiliki persepsi, politik itu bukan sesuatu yang bersih. Bahkan, ada juga terbangun anggapan bahwa dewan yang dipilih, tidak menjalankan tugas sesuai amanat konstitusi," ungkap Hidayat.

Baca juga: Bawaslu Sumbar Gelar Rakor Pengawasan Pemilu Partisipatif, Ini Target yang Ingin Dicapai

"Oleh karena itu, program Dialog Parlemen Menjawab dengan tema Pemilih Pemula Cerdas dan Berintegritas, merupakan upaya strategis untuk memberikan pemahaman akan pentingnya proses demokrasi, sehingga budaya-budaya apatis bisa terkikis dan partisipasi pemilih lebih meningkat," terang Hidayat.

Pentingnya memilih pada Pemilu, terangnya, merupakan upaya untuk memperbaiki hingga mengoptimalkan pembangunan daerah.

Pada sektor pendidikan contohnya, DPRD dan Pemprov Sumbar tengah mengupayakan peningkatan sarana dan prasarana SMK hingga menambah pendapatan guru honorer.

"Semua itu bisa dilaksanakan dengan upaya-upaya politik, jika semua Fraksi di DPRD sepakat maka disetujui lah kebijakan itu bersama Pemprov," ungkapnya mengilustrasikan.

Baca juga: Ini Komposisi Kursi DPRD Padang Hasil Pemilu 2024, PKS Catatkan Dua Rekor

Terkait hal tersebut dia mendorong pemilih pemula, untuk terus menegakan integritas dan cerdas dalam memilih sosok pemimpin.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: