Milad 33 Tahun Islamic Centre Al Quds, Susun Ulang Peta Dakwah jadi Wacana

Senin, 18 September 2023, 16:30 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Milad 33 Tahun Islamic Centre Al Quds, Susun Ulang Peta Dakwah jadi Wacana
Ketua Dewan Da'wah Sumbar,Prof Yaswirman dan para alumni, pengasuh dan santri, foto bersama usai diskusi dalam rangka perayaan Milad ke-33 tahun, Ahad. (istimewa)

PADANG (18/9/2023) - Panitia Pembangunan Gedung Islamic Centre Al Quds, Asrul Lukman mengisahkan, tantangan dakwah Era Disrupsi saat ini, berbeda dengan era 1980-an.

Di sekitar tahun 1980-an, mahasiswa berbusana muslim, terutama perempuan berbusana muslimah, jarang dan terlihat "aneh." Demikian juga, dosen kampus umum yang shalat ke masjid, terlihat "aneh" saat itu.

"Jauh berbeda dengan saat ini. Saat ini, muslimah sudah biasa berbusana muslim ke kampus dan sudah lazim. Demikian juga dosen, lazim shalat ke masjid," ujar Asrul didampingi Prof Hendri saat memaparkan sejarah pendirian Islamic Centre Al Quds pada Milad Tasyakkur 33 tahun (15 September 1990-15 September 2023), Ahad (17/9/2023) di Padang.

Di rentang tahun 1986-1987, Asrul Lukman bersama Hendri maupun beberapa mahasiswa saat itu, menggiatkan kajian ilmiah di Masjid Al Azhar IKIP Padang.

Baca juga: Santri Islamic Centre Al Quds Gelar Kuliah Umum, Prof Yaswriman: Mahasiswa harus Miliki Kepekaan Sosial

Namun, kegiatan-kegiatan seperti itu tidak semudah saat ini. Perlu banyak izin ke berbagai pihak bahkan sampai ke aparat keamanan.

"Bahkan pernah ada kejadian, kajian keislaman dibubarkan di masjid Al Azhar," tambah Raudhati Ruslan (Ketua Muslimat Dewan Da'wah Sumbar) mengenang masa-masa saat itu.

Raudhati Ruslan saat itu adalah mahasiswi dari Fakultas Peternakan Unand. Ia juga mengenang saat itu, wanita berjilbab, belum seperti saat ini.

Dengan kondisi susahnya mencari tempat untuk belajar dan diskusi tentang keislaman, akhirnya mahasiswa (Asrul Lukman, Hendri dkk) melapor ke abah M Natsir. Pada akhirnya, dibelilah tanah di Air Tawar Barat yang dekat dengan kampus IKIP Padang dan Universitas Andalas.

Baca juga: Dewan Da'wah Sumbar Gelar Pelatihan Da'i, Kesempatan Berhaji atau Umroh jadi Harapan

"Di atas tanah inilah dibangun Gedung Islamic Centre Al Quds dan diresmikan pada tanggal 15 September 1990 oleh Abah M Natsir," ujar Asrul Lukman.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis DDII Sumbar

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH