Milad 33 Tahun Islamic Centre Al Quds, Susun Ulang Peta Dakwah jadi Wacana

Senin, 18 September 2023, 16:30 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Milad 33 Tahun Islamic Centre Al Quds, Susun Ulang Peta Dakwah jadi Wacana
Ketua Dewan Da'wah Sumbar,Prof Yaswirman dan para alumni, pengasuh dan santri, foto bersama usai diskusi dalam rangka perayaan Milad ke-33 tahun, Ahad. (istimewa)

"Dulu, berdiskusi keislaman sedemikian susah, saat ini generasi muda mesti bersyukur sebab sudah ada tempat berdiskusi keislaman di Islamic Centre Al Quds," tambah Prof Hendri, Dosen FT UNP tersebut.

"Sudah banyak alumni Islamic Centre Al Quds yang berkiprah di berbagai bidang, termasuk di antaranya alm Husni Kamil Manik, yang pernah menjadi Ketua KPU RI," ujar H Anisral (pembina santri Islamic Centre).

Sementara itu, Ahmad Kosasih, Anggota Majelis Syuro Dewan Da'wah Sumbar, mendorong agar generasi saat ini tidak hanya mengenang jasa M Natsir, tetapi perlu meneladani pemikiran, perbuatan, maupun penampilannya yang bersahaja.

Baca juga: Rakornas DDII Digelar di Sumatera Barat, Jimmi: Rumah Kelahiran Pak Natsir Bakal jadi Pustaka

Senada dengan itu, Prof Yaswirman, Ketua Dewan Da'wah Sumbar, mengajak generasi muda muslim untuk belajar memahami siapa M Natsir, siapa Buya Hamka, agar kelak dapat meneladaninya.

"Dulu kita rutin melaksanakan kegiatan yang diberi nama Pekan Muhtadin ke daerah-daerah terpencil. Semoga ke depan, kita laksanakan lagi dan generasi muda sebagai leading sector-nya disamping kita susun peta da'wah Sumatera Barat," kata Guru Besar FH Unand tersebut.

Sementara itu, Jimmi Syah Putra Ginting, alumni santri Islamic Centre Al Quds mengatakan, perlu dirangkum pemikiran Pak Natsir, sejarah pendirian Islamic Centre, dinamika dakwah di tahun 1980-1990-an, pikiran alumni Santri Islamic Centre Al Quds lintas generasi, maupun tulisan-tulisan dakwah keluarga besar Dewan Da'wah Sumbar menjadi sebuah buku.

"Agar kita tidak melupakan sejarah," katanya.

Kegiatan yang dihadiri oleh Pengurus Dewan Da'wah Sumbar, Pengurus Dewan Da'wah Kab/Kota, Santri dan alumni Islamic Centre Al Quds itu, merupakan Milad yang pertama kali dilaksanakan.

"Kegiatan ini didukung oleh Yarsi Sumbar dan Alumni Islamic Centre Al Quds," ujar Yohanda Saputra, Ketua Panitia Milad dalam sambutannya. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis DDII Sumbar

Bagikan: