Cepat Panen, Ini 6 Ide Usaha Pertanian bisa Cuan Rp120 Juta Sekali Panen!

Senin, 18 September 2023, 09:01 WIB | Bisnis | Nasional
Cepat Panen, Ini 6 Ide Usaha Pertanian bisa Cuan Rp120 Juta Sekali Panen!
Ilustrasi ide usaha pertanian cepat panen. (Foto: Pinterest/Canva)

Kacang panjang merupakan salah satu tanaman kacang-kacangan sumber vitamin dan mineral. Di mana kandungan tersebut dapat meningkatkan ketahanan tubuh, meningkatkan kecerdasan, dan menjaga metabolisme tubuh.

Nah kelebihan dari usaha kacang panjang sendiri yaitu dalam waktu 30 hari setelah tanam, tanaman ini sudah mulai menghasilkan bunga.

Kemudian rata-rata 45 hari setelah tanam sudah mulai panen, karena memang waktu panen tanaman satu ini terbilang sangat cepat.

Untuk sekali tanam, kacang panjang bisa dipanen sebanyak 15-30 kali. Hal itu tentu saja tergantung kepada cara perawatan dan kondisi tanaman kacang panjangnya sendiri, dengan interval panen 2-3 hari sekali.

Sementara itu, untuk produksi kacang panjang rata-rata mencapai 9-10 ton per hektarnya. Jika harga pasar Rp10.000 per kg, maka potensi penghasilan usaha petani kacang panjang mencapai Rp90 hingga Rp100 juta per hektarnya.

6. Usaha Pertanian Terong

Terong merupakan tumbuhan pangan yang menghasilkan buah yang biasanya dijadikan sayur-sayuran. Seperti yang kamu ketahui pada umumnya terong memiliki ciri-ciri buah bulat dan memanjang, memiliki warna ungu ataupun hijau dengan dasar kulit yang mulus.

Tanaman terong ungu sedikit lebih lama untuk menghasilkan uang daripada tanaman lain yang dijelaskan sebelumnya. Di mana untuk masa panennya juga berlangsung lebih lama.

Nah pada umumnya, tanaman terong ungu mulai menghasilkan bunga pada usia 45 hari setelah tanam. Kemudian baru bisa dipanen pada usia 50 sampai 60 hari setelah tanam.

Hal itu juga tergantung dari perawatan dan kondisi tanaman. Kamu haru tahu bahwa tanaman terong ungu rata-rata bisa dipanen sebanyak 13-15 kali, dengan interval 4 sampai 7 hari, dengan jumlah produksi rata-rata 30 ton per hektarnya.

Jika harga pasar terendah Rp3000 per kg, maka potensi penghasilan usaha pertanian terong ungu mencapai Rp150 juta per hektarnya.

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: