Cepat Panen, Ini 6 Ide Usaha Pertanian bisa Cuan Rp120 Juta Sekali Panen!

Senin, 18 September 2023, 09:01 WIB | Bisnis | Nasional
Cepat Panen, Ini 6 Ide Usaha Pertanian bisa Cuan Rp120 Juta Sekali Panen!
Ilustrasi ide usaha pertanian cepat panen. (Foto: Pinterest/Canva)

Kacang hijau adalah tanaman sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropis. Produksi kacang hijau sebagai bahan olahan bahan pangan berprotein nabati tinggi.

Selain itu kacang hijau juga berperan dalam menumbuhkembangkan industri kecil maupun menengah. Seperti yang kamu ketahui kacang hijau memiliki ciri buah memanjang dan memiliki biji bulat berwarna hijau.

Kacang hijau biasanya dapat dipanen pada saat umur 65-95 hari setelah tanam. Perlu kamu ketahui kacang hijau umumnya dipanen 2-3 kali petik.

Kemudian potensi hasil panen kacang hijau rata-rata 1,7 sampai 2,1 ton per hektar. Jika harga pasar Rp15.000 per kg, maka potensi penghasilan usaha petani kacang hijau mencapai Rp25 juta sampai Rp31 juta per hektarnya.

4. Usaha Pertanian Timun

Tanaman mentimun merupakan tanaman sayuran yang merambat, dan menghasilkan buah. Tanaman ini menghasilkan buah yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Timun biasanya digunakan untuk lalapan, bahan minuman, sayuran, maupun bahan baku asinan. Peluang usaha timun bisa dikatakan menjanjikan, karena cara budidayanya mudah dan masa tanamnya yang cepat.

Jadi wajar saja jika tanaman timun termasuk tanaman yang cepat menghasilkan uang. Sebab hanya dalam waktu 35 hari setelah tanam, tanaman ini sudah mulai berbunga dan menghasilkan buah.

Selain itu rata-rata setelah 40 hari setelah tanam, timun sudah mulai bisa dipanen. Pemetikan pun biasanya dilakukan setiap hari 1 sampai 100 setengah bulan.

Nah itu artinya sekali tanam bisa dipanen sebanyak 30-45 kali tergantung dari perawatan. Pada dasarnya timun rata-rata memproduksi 50 ton per hektarnya. Jika harga pasar Rp2500 per kg, maka potensi penghasilan pertanian mencapai Rp125 juta per hektarnya.

5. Usaha Pertanian Kacang Panjang

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: