4 Kekurangan dan Kelebihan Freelancer vs Karyawan, Mana yang Lebih Baik?

Jumat, 15 September 2023, 13:35 WIB | Bisnis | Nasional
4 Kekurangan dan Kelebihan Freelancer vs Karyawan, Mana yang Lebih Baik?
Ilustrasi Freelance vs Karyawan (foto: Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Tapi menurut Youtuber Jeffry Kuandy, jika kamu bisa melewati setiap tantangan tersebut, maka kamu akan menghasilkan pola pikir yang jauh lebih kreatif dari sebelumnya. Akan terjadi peningkatan kinerjamu, secara jelas.

Kamu akan dituntut untuk menyelesaikan masalah sendiri, berbeda dengan karyawan yang memiliki tim dalam menyelesaikan masalahnya sesuai standar operasional perusahaan (SOP).

Karyawan Tetap

1. Keamanan Bekerja

Jadi karyawan tidak selalu ada kekurangannya karena kamu juga layak mendapatkan keamanan bekerja berupa kestabilan pekerjaan, gaji tetap dan asuransi, thr hingga kesempatan liburan serta cuti.

Kamu hanya perlu mencari perusahaan yang memberikan benefit tersebut, lalu tinggal bekerja saja sesuai SOP perusahaan. Nantinya, gajimu akan naik seiring dengan kinerja baikmu.

Berbeda dengan freelancer, dimana kamu harus menghasilkan uang sekreatif mungkin. Apalagi jika project mu sedang sepi, maka penghasilanmu juga akan menurut sepi.

2. Struktur & Panduan

Bekerja pada sebuah perusahaan, akan membuatmu terstruktur dalam bekerja sesuai aturan dan ketetapan. Berbeda dengan Freelancer, dimana kamu harus mengusahakan hal tersebut sendiri.

Apabila dalam bekerja sebagai karyawan, kamu memiliki banyak pertanyaan atau keterbatasan pengetahuan, kamu bisa berdiskusi dengan tim atau bertanya langsung ke atasan. Hal ini, tentu tidak didapatkan seorang Freelancer.

3. Kesempatan Pengembangan Karir

Sebagai karyawan, kamu akan mendapatkan kesempatan pengembangan karir yang jelas dalam lingkungan kerja yang terstruktur. Sedangkan jika jadi Freelance, berbeda.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: