Usaha Ternak Ayam Pedaging Modal Rp2 Juta Untung 100 Persen, Ini Tips & Analisanya!

Jumat, 01 September 2023, 09:19 WIB | Bisnis | Nasional
Usaha Ternak Ayam Pedaging Modal Rp2 Juta Untung 100 Persen, Ini Tips & Analisanya!
Ilustrasi ide usaha ternak ayam pedaging modal Rp2 jutaan, untung 100 persen. (Foto: Pinterest/Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Cara memulai usaha ayam pedaging yang berikutnya ialah pemilihan lokasi kandang. Agar mendapatkan hasil yang maksimal tempat yang digunakan untuk kandang ayam tidak boleh sembarangan. Jadi, sebelum Anda mencari bibit ayam, persiapkan terlebih dahulu tempatnya.

Kandang yang akan digunakan usahakan dengan harga ideal dan sesuai dengan jumlah ayam yang akan kamu pelihara. Misalkan untuk 100 ekor ayam, maka kamu harus menyiapkan kandang ukuran 2x2 meter.

Pastikan nantinya ayam akan mendapatkan cahaya yang cukup, sirkulasi udara yang bagus, dan suhu yang stabil. Usahakan pula terdapat sumber daya listrik dan air di dekat kandang ayam karena ternak memerlukannya.

Selain itu usahakan kondisi kandang suhu terawat kebersihannya, karena tidak bisa dipungkiri bahwa bau yang dihasilkan usaha ternak ayam ini cukup mengganggu.

Apalagi jika jumlahnya cukup banyak, maka jika memungkinkan lokasi kandang ayam ini cukup jauh dari lokasi pemukiman warga.

3. Pilih Bibit Berkualitas

Cara memulai usaha ayam pedaging yang berikutnya ialah pilih bibit berkualitas. Untuk bisa mendapatkan jenis ayam potong dengan kualitas baik, maka kamu perlu memperhatikan bibit yang dibeli.

Bibit yang unggul biasanya dapat dilihat dari bentuk tubuh yang bulat, lincah, dan mata jernih. Selain itu perhatikan pula bahwa bulu-bulu tidak memiliki cacat sama sekali.

Dalam membeli bibit biasanya pembelian dilakukan dalam bentuk perbox dengan masing-masing isi 100 seekor anak ayam. Beberapa jenis ayam potong yang dikategorikan bagus untuk diternak inilah jenis come, Ros, dan higgro.

4. Maksimalkan Perawatan

Cara memulai usaha ayam potong yang terakhir ialah maksimalkan perawatan. Memelihara ayam potong atau broiler tidak semudah memelihara ayam kampung.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: