3 Cara Membuat Jasa Freelancer Bernilai Miliaran Rupiah, Begini Step by Stepnya

Minggu, 27 Agustus 2023, 19:03 WIB | Bisnis | Nasional
3 Cara Membuat Jasa Freelancer Bernilai Miliaran Rupiah, Begini Step by Stepnya
Ilustrasi Cara Membuat Jasa Freelancer Bernilai Miliaran Rupiah (foto: Youtube Raymond/Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

SIAPA sih yang tidak ingin work from anywhere (WFA) atau yang lebih dikenal dengan istilah Freelancer, karena jenis kerja tersebut dapat hasilkan miliaran rupiah.

Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar metode kerja freelance mu dapat bernilai dan diberi harga tinggi seperti yang dirangkum Raymond Chin dalam videonya.

Menurutnya untuk tahap awal, tentu kamu harus menyiapkan sesuatu yang ingin dijual jasanya. Dapat dimulai dari apa yang kamu kuasai atau hal yang kamu suka, mulai lah meningkatkan kemampuan pada bidang tersebut.

Misalnya, kamu menyukai aktivitas mendesain. Maka, belajar lah. Ikut lah kursus berbayar agar mematangkan kemampuanmu hingga menjadi seseorang yang menguasai bidang tersebut, maksimalkan dan terus asah skill mu.

Baca juga: 4 Langkah Jadi Pebisnis, Meskipun Masih Kerja Kantoran

Setelah memiliki apa bidang Freelance yang akan dipasarkan dan mengasah kemampuan terkait, ini waktunya kamu membuat penjualan jasamu bernilai dan dihargai lebih mahal. Melalui 3 cara di bawah ini:

3 Cara Membuat Jasa Freelancer Bernilai

1. Market Value

Tahapan pertama untuk membuat jasa freelance mu bernilai miliaran rupiah yaitu dengan mencari tahu gaji profesimu dulu, Youtuber Raymond Chin mencontohkan apabila kamu menekuni bidang desain grafis.

Maka, gooling lah perkiraan rata-rata gaji profesi tersebut berapa sebulan. Anggap saja Rp16 juta, misalnya kamu punya waktu 8 jam sehari dan setelah Raymond Chin bagi-bagi, memperoleh hasil harga jasamu per jam adalah Rp100.000.

Apabila kamu memperoleh permintaan klien untuk menyelesaikan suatu desain selama 4 jam misalnya. Berikan lah tarif sebesar Rp400.000, begitu pun sebaliknya. Berikutnya, mulai lah masuk ke cara kedua yaitu meningkatkan tarif per jam.

2. Tarif per jam

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: