Waspada! Hindari 4 Kebiasaan Ini, Jika Kamu Ingin Jadi Kaya Raya

Rabu, 23 Agustus 2023, 17:05 WIB | Bisnis | Nasional
Waspada! Hindari 4 Kebiasaan Ini, Jika Kamu Ingin Jadi Kaya Raya
Ilustrasi 4 Kebiasaan yang Membuatmu Jadi Miskin (foto: Canva)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Penting bagimu dalam keluarga untuk mengkomunikasikan banyak hal terkait keuangan yang meliputi pendapatan, pengeluaran hingga dana darurat. Atur lah manajemen sebaik mungkin, agar pendanaanmu tidak sia-sia begitu saja.

2. Beli barang gak penting

Kebiasaan kedua yang membuatmu susah kaya raya yaitu karena kebiasaan beli barang gak penting, apalagi mahal dan gak terlalu dibutuhkan atau bahkan, jarang dipake atau gak emergency, di luar kebutuhan pokok.

Misalnya saja kebutuhan pokok manusia adalah pangan dan sandang, maka makanan hingga pakaian tentu sangat kamu butuhkan. Tapi, apakah perlu membeli pakaian setiap hari, sementara kamu tidak begitu butuh?

Selain itu, sikap membeli suatu barang dengan indikasi karena gengsi juga harus dihindari. Kenali apa kebutuhanmu, pahami apa yang kamu miliki dan bagaimana kamu bisa mengalokasikannya sesuai kapasitas mumpuni.

Contoh lainnya yaitu aktivitas membeli mobil, padahal kamu cuma menggunakan seminggu sekali. Sementara, biaya perawatan mobil cukup mahal. Bukan kah, hal tersebut terkesan buang-buang uang saja?

3. Atur duit gak rasional

Ketiga, ada kebiasaan orang yang suka mengatur uang gak rasional dan membuatnya cendrung jatuh miskin yaitu karena suka tergiur dengan cashback atau pun diskon pembelian dengan iming-iming untung.

Padahal kan, mereka hanya jualan. Di sini, kamu harus pintar melihat segala kondisi dan segala kemungkinan yang mungkin saja merugikanmu, hindari segala jenis investasi bodong yang berujung penyesalan.

Ada orang yang hari ini bisa dapat uang dan langsung dibelikan motor, sementara hari berikutnya bahkan, ia tidak punya uang untuk sekedar makan. Ini lah yang dimaksud mengatur keuangan tidak rasional.

Seharusnya jika pada 1 hari mendapatkan uang lebih, maka bisa ditabung dulu untuk memenuhi kebutuhan berkelanjutan di masa depan. Kebiasaan menabung adalah suatu perkara yang harus dilakukan, agar kamu jadi orang kaya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: