Hadiri Penobatan Sultan Asahan XIII, Edy Rahmayadi Ungkap Kisah 10 Tahun Silam

Sabtu, 12 Agustus 2023, 12:04 WIB | Wisata | Provinsi Sumatra Utara
Hadiri Penobatan Sultan Asahan XIII, Edy Rahmayadi Ungkap Kisah 10 Tahun Silam
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi disambut siswa saat menghadiri penobatan Sultan Asahan XIII di Balairung Kehormatan Alun-alun Sultan Abdul Djalil Rahmadsyah, Kota Tanjungbalai, Kamis. (humas)

TANJUNGBALAI (11/8/2023) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengenang saat dirinya diberi gelar Datuk Laksamana Nara Nara Diraja oleh Sultan Asahan XII, Tengku Kamal Abraham Abdul Djalil Rahmadsyah saat menghadiri penobatan Sultan Asahan XIII, Seri Paduka Yang Mulia Sultan Iqbal Alvinanda Abdul Djalil Rahmadsyah.

Sembari menahan haru, Edy Rahmayadi mengatakan, memiliki hubungan yang sangat emosional dengan Sultan Asahan XII tersebut.

"Saya bergelar Datuk Laksamana Nara Diraja Asahan, diberi oleh Sultan Asahan XII, 10 tahun lalu. Saya sendiri berasal dari Besitang Langkat," kata Edy saat memberi sambutan pada penobatan Sultan Asahan XIII di Balairung Kehormatan Alun-alun Sultan Abdul Djalil Rahmadsyah, Kota Tanjungbalai, Kamis.

Dikesempatan tersebut, Edy juga melakukan peletakan baru pertama revitalisasi alun-alun.

Baca juga: Gubernur Luncurkan Mata Kuliah Budaya Melayu Riau di Hari Jadi ke66, Ini Kata Dewan Pendidikan

Ia berharap, revitalisasi alun-alun tersebut merupakan titik awal untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai kawasan yang representatif bagi kebudayaan Melayu.

Menurut Edy, sejarah kesultanan tidak boleh berhenti. Ia menginginkan ada kawasan yang representatif untuk kebudayaan Melayu, khususnya di Tanjungbalai. Sehingga adat istiadat Melayu tidak hilang.

"Tak boleh adat ini hilang. Jangan sampai hilang Melayu di Bumi Melayu. Ada rencana saya bersama Ayah Sultan. Tapi Allah, berkata lain. Ada hal yang harus kita besarkan," kata Edy.

Sementara, Sultan Asahan, Muhammad Iqbal Abdul Jalil Rahmadsyah mengharapkan, acara penobatan tersebut dapat memajukan adat Melayu di Kota Tanjungbalai. Ia pun akan bersinergi dengan seluruh pihak untuk memajukan kebudayaan Melayu.

Baca juga: Satpol Airud Polres Tanjung Balai Buru 1 Unit Kapal Mencurigakan

Prosesi penobatan Sultan Asahan berlangsung khidmat. Dimulai dari penghantaran Kitab Suci al Quran dan Pedang Pusaka Sultan Asahan.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: