Workshop Enumerator Survei Kesehatan Indonesia, Edy Rahmayadi: Data Akurat jadikan Kebijakan Tepat

Senin, 07 Agustus 2023, 07:30 WIB | News | Provinsi Sumatra Utara
Workshop Enumerator Survei Kesehatan Indonesia, Edy Rahmayadi: Data Akurat jadikan...
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi memukul gong tanda dimulainya Workshop Tim Enumerator Provinsi Sumut Survei Kesehatan Indonesia 2023 di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro No 30 Medan, Sabtu. (humas)

MEDAN (6/8/2023) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menegaskan, data yang akurat dan terpercaya dibutuhkan dalam setiap pengambilan keputusan. Termasuk data tentang kesehatan, penyakit dan kebutuhan masyarakat.

"Bayangkan, jika datanya tidak benar, ini tentang kesehatan rakyat. Saya harap, jujurlah. Kejujuran itu penting dalam pengambilan data seperti ini," kata Edy saat membuka Workshop Tim Enumerator Provinsi Sumut Survei Kesehatan Indonesia 2023 di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro No 30 Medan, Sabtu.

Menurut dia, Pemprov Sumut sangat membutuhkan data untuk tahu, apa saja penyakit yang ada di masyarakat serta apa kebutuhan masyarakat. Sehingga, tidak salah saat membuat kebijakan.

Edy pun berpesan pada para surveyor, untuk melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh. Ia menekankan mengenai kejujuran saat pengambilan data. Sehingga, nantinya data yang diperoleh akurat.

Baca juga: Progress Pengerjaan Jalan Alternatif Medan-Berastagi Capai Angka 57 Persen, Ini Kata Gubernur Sumut

Edy pun menekankan pentingnya referensi data dalam setiap bidang. Ia menyontohkan, data juga digunakan saat dulu dirinya melakukan pekerjaan di militer.

Saat hendak melakukan operasi, pastilah lebih dulu dilakukan survei di lokasi tujuan.

"Data itu penting, penting sekali, setiap pekerjaan kita membutuhkan referensi data, untuk acuan agar pekerjaan sesuai tujuan," kata Edy.

Sekretaris Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Nana Mulyana mengatakan, ada sekitar 740 pengumpul data yang akan melakukan kegiatan tersebut. Para pengumpul data seluruhnya berasal dari Sumut.

Baca juga: Edy Rahmayadi Lantik 155 Pejabat Tinggi Pratama, Adminstrator, Pengawas dan Kepala Sekolah

Nana mengatakan, data yang dikumpulkan nantinya akan digunakan sebagai acuan membuat kebijakan nasional untuk RPJMN 2024-2029 serta bisa pula digunakan untuk RPJMD Sumut.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: