Ilyas Sitorus Ikuti PKN II, Gagas Konsep Satu Data Pemprov Sumut Berbasis Aplikasi

Jumat, 28 Juli 2023, 15:41 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Ilyas Sitorus Ikuti PKN II, Gagas Konsep Satu Data Pemprov Sumut Berbasis Aplikasi
Kepala Dinas Kominfo Sumatera Utara, Ilyas S Sitorus berserta tim penguji PKN II BPSDM Sumut serta peserta lainya, foto bersama usai persentasi proyek inovasi yang digagas, Rabu. (humas)

MEDAN (26/7/2023) - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumatera Utara, Ilyas S Sitorus, persentasikan Portal SADAINA di Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II BPSDM Sumut.

Portal SADAINA yang dapat apresiasi Penguji Kelompok 2 PKN II itu, merupakan portal data sektoral dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Sumut. Dengan kata lain, SADAINA akan jadi induk data sektoral dari OPD Kabupaten/Kota termasuk Pemprov Sumut.

"Kita sangat butuh ini di era saat sekarang. Inovasinya luar biasa dan data ini bisa jadi indikator OPD dalam membuat perencanaan atau kebijakan tertentu," kata Penguji Kelompok 2 PKN II BPSDM Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan, di BPSDM Sumut, Jalan Ngalengko No 1, Medan, Rabu.

Hanya saja, masalah yang sering terjadi pada induk data adalah keterbaruan (update) data. Sehingga, sulit untuk dijadikan rujukan.

Karena itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumut tersebut, inovasi ini harus bersifat mengikat kuat dengan pengelolanya di setiap OPD.

"Datanya bersumber dari OPD-OPD, karena ini sangat penting harus ada peraturan yang mengikat lebih detail terkait pengelolaannya di masing-masing OPD. Ini butuh dukungan kuat dari seluruh pihak karena kita sangat butuh induk data seperti ini," kata Alwi Mujahit.

Sementara itu, Ilyas Sitorus mengatakan, proyek perubahan ini didasarkan karena belum usainya masalah satu data di Sumut.

Melalui portal SADAINA, data sektoral seluruh Sumut akan ada di satu tempat, yang bisa diakses dan dibagikan siapa saja.

"Ini akan membuat data sektoral yang berkualitas, tersusun dengan baik dan datanya sudah terpadu, tetapi tentu butuh keterlibatan semua pihak terutama Kadis Kominfo Kabupaten/Kota serta OPD lainnya," kata Ilyas Sitorus.

Ilyas berharap, induk data yang namanya diambil dari bahasa Batak SADA INA (satu mamak/ibu) bisa menjadi panduan pemerintah daerah se-Sumut dalam membuat kebijakan ataupun perencanaan.

Dia juga ingin, implementasi ini benar-benar terlaksana secara menyeluruh untuk membentuk data yang berkualitas.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: