Ini Pemenang Festival Film Pendek tentang WBTB Riau

Kamis, 27 Juli 2023, 21:00 WIB | Wisata | Provinsi Riau
Ini Pemenang Festival Film Pendek tentang WBTB Riau
Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau, Raja Yoserizal Zen serahkan secara simbolis hadiah bagi pemenang festival film pendek, Kamis. (humas)

PEKANBARU (27/7/2023) - Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau, Raja Yoserizal Zen menegaskan, festival film pendek melayu Riau dengan tema "Warisan Budaya Tak Benda Provinsi Riau," bertujuan untuk melestarikan warisan budaya yang ada di bumi lancang kuning.

Dalam kerangka pelestarian itu, sub tema festival film pendek ini mengacu pada 64 objek WBTB (Warisan Budaya Tak Benda) Riau yang telah ditetapkan jadi WBTB Indonesia. Sementara, syarat peserta yang ikut dalam lomba ini di mulai dari usia 18 s/d 45 tahun.

"Tujuan dari kegiatan ini tentu saja untuk melestarikan warisan budaya tak benda yang ada di Provinsi Riau. Makanya mulai dari generasi muda yang berusia 18 tahun sampai 45 tahun bisa mengikuti lomba festival film pendek ini," kata Yoserizal di Pekanbaru, Kamis.

Pria yang akrab disapa Atuk Yos tersebut menjelaskan, Disbud Riau sudah melakukan pemutaran film-film terpilih di Taman Budaya, Kota Pekanbaru. Karya yang ditayangkan itu telah melalui tahap seleksi dan penilaian dari dewan juri.

Baca juga: Halal Bihalal bersama IKTD Riau, Wagub Sumbar Paparkan Progres Jalan Tol Pekanbaru-Padang

"Kami sudah melakukan pemutaran film pada hari Senin (25/7/2023) di Gedung Edi Ruslan Pe Amanriza Taman Budaya. Dari 15 karya ditayangkan, terdapat 6 nominasi pemenang yang sesuai dengan penilaian dewan juri," jelas Atuk Yos.

Diungkapkan, film yang dilombakan sesuai tema dan berbentuk fiksi serta bersifat orisinil. Lebih lanjut, sebanyak 15 kelompok peserta yang mengikuti festival film pendek ini merupakan asli anak-anak Riau.

"Ada berbagai syarat dan ketentuan, salah satunya itu film harus seduai dengan tema. Tentunya untuk mengetahui tema dari 64 WBTB kita ini, pasti anak-anak asli Riau lah yang lebih paham. 15 kelompok itu semua dari Kabupaten/kota se-Riau." ungkapnya.

Pemenang Festival Film Pendek Melayu Riau 2023:

  1. Juara 1, Syamsul Bahri, judul karya Tabuh di Hutan Tabuh.
  2. Juara 2, Rofi Adi Syabanto, judul karya Kelana Maya.
  3. Juara 3, Project Besame, judul karya Sangkak-The Journey to Gendong.
  4. Harapan 1, M Syahren, judul karya Kasih Sekejap.
  5. Harapan 2, Saipul Rizan, judul karya Serentak Cermin.
  6. Harapan 3, Baharsyah Setiaji Wicaksono, judul karya, Peningkah.

Baca juga: ARA Komit Berkontribusi untuk Dunia Pendidikan Riau

Pendafataran festival ini telah dibuka sejak 20 Maret hingga 30 April lalu. Sedangkan batas waktu pengiriman karya 20 Juli 2023.

Untuk pemenang juara 1 meraih hadiah senilai Rp10 juta, juara 2 mendapatkan Rp8 juta dan juara 3 diberikan Rp6 juta.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: