Polresta Pekanbaru Tersangkakan Pekerja Pembersihan Lahan, Ini Sebabnya

Kamis, 27 Juli 2023, 04:00 WIB | News | Kota Pekanbaru
Polresta Pekanbaru Tersangkakan Pekerja Pembersihan Lahan, Ini Sebabnya
Ilustrasi.

PEKANBARU (26/7/2023) - Kasatreskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bery Juana Putra ungkapkan, seorang pelaku ditetapkan sebagai tersangka kebakaran lahan di Jalan Cipta Nusa, Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru.

"Dari hasil penyelidikan, polisi akhirnya menetapkan 1 orang tersangka bernama Rohiman Purba (43) karena diduga sengaja melakukan pembakaran lahan. Rohiman sendiri merupakan pekerja dari pemilik lahan," ungkap Kompol Bery di Pekanbaru, Rabu.

Karhutla tersebut, pertama kali diketahui setelah pihak kepolisian menerima laporan dari masyarakat setempat yang melihat lahan milik Anwar dan Supardi sedang terbakar.

Petugas yang mendapat laporan, langsung mendatangi lokasi untuk melakukan upaya pemadaman agar tidak meluas.

Baca juga: Muflihun: PPDB Harus Zero Pungli

Pada pukul 16.30 WIB, Selasa (25/7/2023), Tim Gabungan Satgas Gakkum Karhutla yang terdiri dari Subdit lV Ditkrimsus Polda Riau, Satreskrim Polresta Pekanbaru dan Reskrim Polsek Rumbai Pesisir datang ke lokasi melakukan olah TKP dan memasang police line.

"Kami mengumpulkan alat bukti dan petunjuk selanjutnya diamankan 1 orang tersangka bernama Rohiman Purba. Dari hasil interogasi, ia mengakui perbuatannya melakukan pembakaran lahan," kata Kompol Bery.

Selanjutnya, tersangka dibawa ke Polresta Pekanbaru untuk dilakukan proses lebih lanjut. Untuk penyebab kebakaran, diduga pelaku membakar sampah dan tunggul kayu di lahan tersebut.

"Untuk pemilik lahan, sudah diperiksa juga. Dari hasil pemeriksaan dan konfrontir yang merekrut dia kerja, bahwa tidak memerintahkan untuk membakar," ungkap dia.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang Bandara SSK II Naik 15 Persen

"Hal itu diakui juga oleh pelaku, jadi memang inisiatif pelaku untuk membakar," ungkapnya. (*)

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: