Wako akan Luncurkan Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah, Ini Targetnya

Kamis, 27 Juli 2023, 01:00 WIB | Gaya Hidup | Kota Pekanbaru
Wako akan Luncurkan Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah, Ini Targetnya
Pj Wako Pekanbaru, Muflihun.

PEKANBARU (26/7/2023) -- Pemko Pekanbaru akan gelar peluncuran Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah melalui program Universal Health Coverage (UHC). Peluncuran digelar di Rumah Sakit Daerah Madani, Jumat (28/7/2023) pagi.

"Dengan peluncuran Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah, maka warga bisa mengakses pelayanan kesehatan secara gratis, baik di Puskesmas maupun rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, hanya dengan menunjukan KTP Pekanbaru," ungkap Pj Wako Pekanbaru, Muflihun, Rabu.

Ditegaskan Muflihun, program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam memenuhi pelayanan dasar bagi masyarakat.

Sementara itu, Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebutkan, penerima program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah adalah warga kurang mampu yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Baca juga: Bukittinggi Raih Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan, Ini Alasannya

"Kalau warga sudah masuk DTKS, otomatis dia sudah bisa dicover," ungkapnya.

Nantinya, terang Indra, Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah juga bisa diakses warga di rumah-rumah sakit di luar Kota Pekanbaru, yang tentunya bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Dimanapun masyarakat Kota Pekanbaru, kita berusaha mengcover dengan program ini."

"Misalnya, lagi di Padang, kemudian alami sakit, sehingga harus masuk rumah sakit. Nah, ini dikoordinasikan oleh tim supaya bisa difasilitasi juga oleh BPJS," tutupnya.

Baca juga: BPJS Bicara JKN di Radio Langkisau FM

Diketahui, UHC merupakan cakupan kepesertaan Program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan untuk memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk, telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan jadi peserta JKN.

Halaman:

Penulis: Devan Alvaro
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: