Tapak Suci Nobatkan Gelar Pendekar Muda untuk Supardi

Rabu, 26 Juli 2023, 17:57 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Tapak Suci Nobatkan Gelar Pendekar Muda untuk Supardi
Pimpinan pusat Tapak Suci Muhammadiyah, M Afnan Hadikusumo serahkan SK Pendekar Muda pada Ketua DPRD Sumbar, Supardi usai pembukaan Kejurnas Remaja Tapak Suci 2023 yang digelar di GOR Nan Ompek Tanjuang Pauah, Kota Payakumbuh, Rabu. (humas)

PAYAKUMBUH (26/7/2023) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi, dinobatkan Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Muhammadiyah sebagai Pendekar Muda. Penobatan ini ditandai dengan pemakaian rompi dan sabuk dari pimpinan pusat Tapak Suci Muhammadiyah, M Afnan Hadikusumo.

"Jujur, saya tidak pandai berkelahi dan juga tidak hobi berkelahi. Namun, hal ini jadi kebanggaan tersendiri bagi saya, mendapat gelar Pendekar Muda dari Perguruan Tapak Suci Muhammadiyah," ujar Supardi usai menerima SK Pandekar Muda saat membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Remaja Tapak Suci 2023 yang digelar di GOR Nan Ompek Tanjuang Pauah, Kota Payakumbuh, Rabu.

Supardi yang juga Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumatera Barat menilai, seorang pendekar itu tidak mesti jago berkelahi. Pendekar itu adalah adab, pendekar itu adalah moral yang harus diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Ketika adab dan moral tidak lagi bisa dipertahankan, maka gelar pendekar harus dicopot dari dirinya meskipun dia pernah menjuarai kejuaraan sampai tingkat dunia sekalipun," tutur Supardi.

Baca juga: Ketua DPRD Sumbar Ucapkan Selamat Milad ke-60 untuk Perguruan Tapak Suci

Selanjutnya, kata Supardi, Muhammadiyah merupakan organisasi terbesar di dunia yang mempunyai tujuan amar ma'ruf nahi munkar. Tapak Suci adalah garda terdepan untuk mewujudkan visi dan misi dari Muhammadiyah.

"Tentunya amanah sebagai Pendekar Muda ini akan saya jaga dengan sebaiknya. Ikrar yang saya bacakan sebagai Pendekar Muda tadi, lebih berat ketimbang ikrar yang saya bacakan sebagai ketua DPRD Sumbar," kata Supardi.

Dikesempatan itu, Supardi mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan kader tapak suci se Indonesia, yang hadir dalam Kejurnas Remaja Tapak Suci 2023 di Kota Payakumbuh.

"Semoga, kehadiran bapak dan ibuk serta adik-adik peserta sekalian mendapatkan hal yang positif dan jadi catatan sejarah bagi kita semua," harap Supardi.

Baca juga: Hendri Septa Harapkan Perguruan Tapak Suci Lahirkan Pesilat Andal

Kejurnas tersebut dihadiri pimpinan pusat Tapak Suci Muhammadiyah, Gubernur Sumbar diwakili Kadispora, Ketua Panitia Kejurnas Remaja Tapak Suci, Irwansyah, Pimpinan Wilayah Tapak Suci Sumbar, Jel Fathullah, Wali Kota Payakumbuh dan seluruh unsur forkopimda Payakumbuh. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: