Gubernur Sumut Ikuti Shalat Idul Adha di Lapangan Malabar, Ini Pesan yang Disampaikan

Sabtu, 01 Juli 2023, 01:00 WIB | Valoranews Medan | Provinsi Sumatra Utara
Gubernur Sumut Ikuti Shalat Idul Adha di Lapangan Malabar, Ini Pesan yang Disampaikan
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menyapa warga yang hadir dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha dan menerima permintaan masyarakat untuk berswafoto di Lapangan Sepak Bola Mabar, Jalan Mangaan, Medan Deli, Kamis. (humas)

MEDAN (1/7/2023) - Gubernur Sumatera, Edy Rahmayadi menyebutkan, keteladanan di masa sekarang yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah, bisa berbagi sesuatu yang dicintai di jalan Allah, terutama orang-orang mukmin dengan perekonomian mampu.

"Menanamkan nilai-nilai kepatuhan pada Allah dan menjaga keharmonisan keluarga antara orang tua dan sebaliknya, juga sebuah keteladanan yang mesti terus diikhtiarkan," ungkap Edy Rahmayadi usai melaksanakan Salat Idul Adha 1444 H bersama ribuan warga Kota Medan dan sekitarnya, di Lapangan Sepak Bola Mabar, Jalan Mangaan, Medan Deli, Kamis.

Dikesempatan itu, Edy juga mengajak umat muslim, untuk meneladani dan menghayati suatu peristiwa besar yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS yakni ikhlas merelakan apapun yang paling berharga dalam hidupnya untuk dikurbankan.

"Idul Adha ini adalah momen kita kembali mengingat dan meneladani kisah Nabi Ibrahim, tentang ketaatannya pada Allah SWT," ungkap Edy yang hadir bersama Ketua PKK Sumut, Nawal Lubis.

Baca juga: Bupati Agam Ajak Pekurban untuk Peduli dengan Warga di Daerah Terdampak Bencana

"Nabi Ibrahim rela mengurbankan anaknya atas perintah Allah. Itulah teladan yang bisa kita petik dari Hari Raya Kurban ini," tambah Edy Rahmayadi.

Tampak hadir dikesempatan itu, Wali Kota Medan,Muhammad Bobby Afif Nasution, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut, Arief S Trinugroho, Forkopimda Sumut, tokoh agama dan masyarakat, Kepala Dinas Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus dan sejumlah pimpinan OPD Pemprov lainnya.

Sementara, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, Syukri Albani Nasution dalam khutbahnya pada Salat Idul Adha menyampaikan, hikmah yang bisa diambil dari perjalanan kehidupan Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail yakni sebuah pesan simbolik untuk taat kepada orang tua dalam berbagai hal.

"Idul Adha juga jadi sebuah peristiwa penting untuk memaknai bagaimana Nabi Ismail patuh dan mendengarkan setiap perkataan Nabi Ibrahim, selaku orangtuanya," jelasnya.

Baca juga: Mahyeldi jadi Khatib Shalat Idul Adha 1445 H di Masjid Raya Sumbar, Ini Pesan Audy Joinaldy

Menurutnya, jika ditarik dalam konteks kekinian, umat muslim dituntut untuk membentuk keluarga yang memiliki akidah dan kadar keimanan yang kuat, serta tidak tergoda akan kehidupan duniawi.

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: