Jemaah Mushalla Ali Bin Said Sembelih 4 Ekor Sapi, Tabungan Kurban Digagas untuk Tahun Depan

Jumat, 30 Juni 2023, 04:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Jemaah Mushalla Ali Bin Said Sembelih 4 Ekor Sapi, Tabungan Kurban Digagas untuk Tahun...
Ketua Pengurus Mushala Ali bin Said RT 07 RW 01 Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Toni Markos bersama warga Komplek Permata Surau Gadang (PSG), ikut menguliti sapi kurban, Kamis pagi.

PADANG (30/6/2023) - Ketua Pengurus Mushala Ali bin Said RT 07 RW 01 Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Toni Markos menggagas Tabungan Kurban dalam upaya menambah jumlah hewan kurban di pelaksanaan tahun depan.

"Kita coba rancang program Tabungan Kurban ini bersama pengurus RT 07 dan warga. Bisa jadi, menabung Rp200 ribu setiap bulan, sehingga kekurangan dananya tidak terasa berat lagi," ungkap Toni Markos disela pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di mushalla yang berada di Komplek Permata Surau Gadang (PSG) itu, Kamis pagi.

Misalnya, 1 ekor sapi dibeli dengan nilai Rp18 jutaan per ekor. Dengan anggaran Rp200 ribu dikali 12 bulan, maka akan terkumpul dana Rp2,4 juta.

Menikmati makan siang bersama usai pelaksanan shalat Dzuhur di Mushalla Ali Bin Said, Kamis.
Menikmati makan siang bersama usai pelaksanan shalat Dzuhur di Mushalla Ali Bin Said, Kamis.

"Tahun depan, nominal dana kurban tidak akan jauh beda dengan yang sekarang. Paling per tujuhannya berkisar Rp2,7 juta per orang," ungkap akademisi UIN Imam Bonjol Padang itu.

Baca juga: Saldo DANA Gratis! Main Aplikasi Penghasil Uang: Cair Rp180 Ribu Sehari

Ketua RT 07 W 01, Desriandi menyambut baik gagasan merancangTabungan Kurban tersebut.

"Kita akan dukung setiap program kerja yang bertujuan baik. Saya yakin rencana itu juga disambut warga kita," ujar Desriandi diamini Fitra Mulia (Sekretaris RT 07) dan Zulfahmi (Bendahara).

Ibu-ibu dan anak-anak ikut menikmati makan siang bersama di Mushalla Ali Bin Said, Kamis siang.
Ibu-ibu dan anak-anak ikut menikmati makan siang bersama di Mushalla Ali Bin Said, Kamis siang.

Diketahui, pada Idul Adha 1444 H/2023 M ini, jamaah Mushala Ali Bin Said Kompleks PSG melakukan penyembelihan 4 ekor sapi kurban. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dibanding pelaksanaan tahun 1443 H lalu.

"Alhamdulillah, tahun 1444 H ini kita menyembelih 4 sapi kurban. Anggaran per kelompok Rp18,2 juta, atau Rp2,6 juta per anggota kelompok yang berjumlah 7 orang," ungkap Ketua Panpel, Ismanzal.

Baca juga: Budi Syahrial Jelaskan Mekanisme Pokir Dewan di Bimtek Penyelenggaraan Jenazah Rukem PSG

"Semoga tahun 2024 bertambah lagi kelompok kurban di Mushala Ali bin Said seiring makin bertambahnya warga di komplek ini yang kini jumlahnya 104 KK," tambah Ismanzal didampingi Ketua RT 07 RW 01, Desriandi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: