Irsyad Syafar Jelaskan Tugas dan Fungsi DPRD ke Dewan Perwakilan Masyarakat Mahasiswa UBH

Rabu, 28 Juni 2023, 04:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Irsyad Syafar Jelaskan Tugas dan Fungsi DPRD ke Dewan Perwakilan Masyarakat Mahasiswa UBH
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Safar didampingi Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis dan Idris (Kasubag Publikasi) dialog dengan 25 orang mahasiswa Fakultas Hukum UBH Padang, di ruang khusus I DPRD Sumbar, Selasa. (humas)

PADANG (27/6/2023) -- Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Safar menjelaskan, sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, DPRD dan pemerintah daerah memiliki kedudukan sejajar dalam mengelola jalannya pemerintahan sesuai dengan UU tentang Otonomi Daerah

Implementasi dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi DPRD, jelasnya, diwujudkan dalam tiga fungsi yaitu fungsi legislasi atau pembuatan produk hukum daerah, fungsi penganggaran dan fungsi pengawasan.

"Anggota DPRD sebagai wakil rakyat, juga memiliki tugas dan fungsi mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi dari masyarakat," ungkap Irsyad Syafar saat dialog dengan 25 orang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Selasa.

Dalam konteks tersebut, terang polisiti PKS ini, DPRD dalam menjalankan fungsinya dapat mengawal kebijakan-kebijakan pembangunan.

Baca juga: Prof Tafdil Suruh Mahasiswa Berhenti Kuliah Tanggapi Demo, Alumni: Tak Cerminkan Sikap Proklamator Bung Hatta

"Tujuan utamanya, agar agenda pembangunan terus berorientasi pada kepentingan masyarakat," ungkap Irsyad yang didampingi Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis dan Idris (Kasubag Publikasi) di ruang khusus I DPRD Sumbar.

Sementara, Wakil Dekan Fakultas Hukum UBH, Dr Sanidjar Pebrihariati R mengungkapkan, tujuan kedatangannya beserta mahasiswa ke DPRD Sumbar, guna mengetahui dan mempelajari lebih dalam apa-apa saja Tupoksi anggota DPRD Sumbar .

"Kunjungan ini adalah dalam rangka menambah pengetahuan mahasiswa tentang tugas dan fungsi legislatif sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah," kata Sanidjar yang memimpin rombongan.

Dia menambahkan, dengan kunjungan ini, diharapkan mahasiswa mendapat pengetahuan lebih luas lagi mengenai tugas dan fungsi DPRD.

Baca juga: Pembentukan Holding Subholding PT PLN, Nevi: Pemerintah Mesti Dengar Masukan dan Aspirasi

Menurut Sanidjar yang didampingi Ketua Umum Dewan Perwakilan Masyarakat Mahasiswa (DPMM) Fakultas Hukum UBH, Sigit Aziz, di UBH juga ada anggota DPRD dan gubernurnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: