Jelang Idul Adha, Warga RT 07 Kelurahan Surau Gadang Bersihkan Komplek dari Sampah Kiriman

Minggu, 25 Juni 2023, 17:04 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Jelang Idul Adha, Warga RT 07 Kelurahan Surau Gadang Bersihkan Komplek dari Sampah Kiriman
Bhabinkamtibmas Polsek Nanggalo di Kelurahan Surau Gadang, Aipda Hendri Hartono ikut goro bersama warga RT 07 RW 01 Kelurahan Surau Gadang, Ahad pagi.

PADANG (26/6/2023) - Dikomandoi Ketua RT 07 RW 01 Kelurahan Surau Gadang, Desriandi, puluhan warga Kompleks Permata Surau Gadang (PSG) gelar aksi bersih lingkungan, Ahad pagi.

Jelang siang, satu truk sampah kiriman -- terdiri dari berbagai aneka sampah rumah tangga-- yang hanyut dari saluran irigasi sawah milik kelompok petani (Keltan) Gunung Juaro di Kecamatan Nanggalo itu, berhasil dikumpulkan.

Truk Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Padang yang telah standby sejak pagi, akhirnya penuh oleh sampah yang telah dikumpulkan warga dalam karung itu.

Satu truk penuh sampah berhasil dikumpulkan warga RT 07 RW 01 Kelurahan Surau Gadang, usai goro, Ahad pagi.
Satu truk penuh sampah berhasil dikumpulkan warga RT 07 RW 01 Kelurahan Surau Gadang, usai goro, Ahad pagi.

"Dengan gotong-royong (Goro), selain mengeluarkan keringat, juga sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai bagian dari masyarakat dalam membersihkan dan menata setiap sudut pemukiman kita ini," ujar Desriandi disela goro.

Baca juga: Desrio Putra Respon Keluhan Petani dan Warga Surau Gadang Soal Sampah Kiriman dan Banjir

"Kita juga berterima kasih pada DLH Padang, yang telah mendukung aksi bersih-bersh warga. Tanpa truk yang disediakan, tentu kebersihan yang kami dambakan, tak sempurna terwujudnya," tambah Desriandi.

Menurut mantan Kasubbag Penilaian Kinerja Kanwil DJPb Sumbar itu, menjaga kebersihan terutama drainase, bukan hanya urusan sendiri namun tanggung jawab bersama.

Rehat usai goro di Mushalla Ali Bin Said.
Rehat usai goro di Mushalla Ali Bin Said.

"Kita akan selalu mengimbau dan mengajak warga, menjaga kebersihan yang ada di sekitar rumah dan lingkungan Kompleks PSG," tambah mantan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sungai Penuh, Jambi ini.

Sekretaris RT 07, Fitra Mulia menambahkan, tidak hanya drainase yang diperhatikan, namun beberapa titik lainnya yang bisa diperkirakan jadi penyebab terjadinya luapan air. Salah satunya kebersihan irigasi dan area sekitar irigasi sawah yang berada di sekeliling kompleks, juga harus diperhatikan.

Baca juga: 50 Ton Sampah Berpotensi Menumpuk di Pantai Muaro Lasak Setiap Kali Hujan Lebat

"Banjir kiriman beserta sampah yang dibawa aliran irigasi sawah, sudah menjadi langganan masalah di kompleks PSG ini. Jadi, memang butuh tenaga ekstra warga untuk membersihkan setiap akhir pekan," ujar Fitra Mulia.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: