50 Ton Sampah Berpotensi Menumpuk di Pantai Muaro Lasak Setiap Kali Hujan Lebat

Jumat, 13 Oktober 2017, 20:10 WIB | News | Kota Padang
50 Ton Sampah Berpotensi Menumpuk di Pantai Muaro Lasak Setiap Kali Hujan Lebat
Wawako Padang, Emzalmi berserta sejumlah staf, meninjau pengerukan sampah di Muaro Lasak, Kamis (12/10/2017). Diperkirakan ada 50 ton sampah berserakan di objek wisata pantai itu. (humas)

VALORAnews - Wakil Walikota Padang, Emzalmi Si meninjau pengerukan sampah di pantai Muaro Lasak, Kamis (12/10/2017). Tumpukan sampah di pantai tersebut akibat hujan deras yang melanda Kota Padang tiga hari belakangan.

Di kesempatan itu, Emzalmi mengatakan, sampah-sampah tersebut terbawa arus sungai yang bermuara di pantai Padang.

"Terdapat sekitar 50 ton tumpukan sampah yang ada disini. Kami bekerja sama dengan PT. Utama Karya dan meminjam alat berat mereka dalam pengerukan ini," ungkapnya.

Emzalmi menambahkan, ada lima besar sungai besar di Kota Padang yang membutuhkan penghambat sampah agar bisa menahan pergerakan sampah.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Warga RT 07 Kelurahan Surau Gadang Bersihkan Komplek dari Sampah Kiriman

"Kita membutuhkan jaring besar yang berfungsi sebagai penghambat sampah, sehingga kita dapat mengumpulkan sampah yang hanyut dari hulu," tambahnya lagi.

Emzalmi juga mengimbau masyarakat, tetap menjaga budaya hidup bersih dan tidak membuang sampah ke sungai. "Penumpukan sampah di pantai juga menyebabkan tersumbatnya aliran air yang berakibat terjadinya banjir. Untuk itu, kita jangan sampai ada yang membuang sampah ke sungai," ujar Emzalmi. (rls/vri)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: