Cabor Bisa Didegradasi dari Keanggotaan KONI Riau, Ini Kriterianya

Minggu, 25 Juni 2023, 07:00 WIB | Valoranews Pekanbaru | Kota Pekanbaru
Cabor Bisa Didegradasi dari Keanggotaan KONI Riau, Ini Kriterianya
Wakil Ketua III Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, Khairul Fahmi.

PEKANBARU (24/6/2023) - Wakil Ketua III Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, Khairul Fahmi mengungkapkan ada wacana di Rakernas KONI Pusat, membuat semacam keputusan untuk mendegradasi cabor yang tidak memenuhi lagi sejumlah kriteria. Cabor itu tidak lagi jadi anggota KONI.

"Ada wacana KONI pusat dan peserta Rakernas pun sudah membuat semacam keputusan, bahkan akan ada juga degradasi. Cabor yang jadi anggota, jika mereka tidak berjalan memenuhi kriteria yang ditentukan, bisa didegradasi," ujar Khairul Fahmi, di Pekanbaru, baru-baru ini.

Dijelaskannya, salah satu yang diminta itu adalah tuntutannya adanya kegiatan didalam cabor apakah itu nanti Kejurprov, Kejurda dan sebagainya.

"Itu kan sangat diperlukan dalam proses pembinaan prestasi. Cabornya ada tetapi tidak ada kegiatan didalam cabornya perlu juga akan dievaluasi. Kedepannya akan seperti itu," imbuhnya.

Baca juga: Koni Agam Gagas One Cabor One Event, Edi Busti: Geliatkan Olah Raga Sekaligus Pemulihan Ekonomi

Ia menuturkan, cabor juga dituntut untuk memperbaiki sistem administrasi. Karena, KONI Riau tidak mungkin menerima semua cabor jadi anggota, karena ada proses atau tahapan untuk menjadi anggota KONI Riau.

Ia mengungkapkan, saat ini ada beberapa cabor yang secara aktivitasnya memang tidak atau kurang kelihatan. Apakah itu didegradasi, tentu harus keputusan dalam Raker, tetapi itu sudah ada warning saat pelaksanaan Rakernas.

"Ini juga mengingatkan pada pengurus cabor, agar tidak terlena juga, kedepannya itu akan dievaluasi," ungkap dia.

"Evaluasinya itu aktivitas, karena tanpa aktivitas pembinaan dan sebagainya, cabor tentu tidak akan berarti," pungkasnya. (*)

Baca juga: Koni Agam Desak Provinsi Pastikan Pelaksanaan Porprov XVI Tahun 2025, Ini Alasannya

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: