Desa Sipora Jaya Canangkan Penanaman Holtikultura di Lahan Kosong, Bupati: Patut Dicontoh Desa Lain

Kamis, 22 Juni 2023, 07:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Desa Sipora Jaya Canangkan Penanaman Holtikultura di Lahan Kosong, Bupati: Patut Dicontoh...
Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak bersama Forkopimda, lakukan penamanan cabai di lahan kosong di Desa Sipora Jaya, Selasa. (humas)

MENTAWAI (21/6/2023) -- Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak melihat, terlalu banyak lahan subur di daerah kepulauan itu tidak dimanfaatkan secara optimal.

"Kegiatan hari ini adalah wujud nyata pemanfaatan lahan, pekarangan dan pemanfaatan peluang oleh Desa sipora Jaya yaitu menanam tanaman palawija. Dalam skala nasional, gerakan menanam cabai ini sudah dilakukan beberapa waktu lalu," ucap Fernando saat hadiri penanaman bersama tanaman holtikultura di Desa Sipora Jaya, Selasa.

Kegiatan penanaman tanaman holtikultura di kebun PKK Desa Sipora Jaya ini, dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Kegiatan ini dalam rangka pemanfaatan lahan kosong untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Fernando dalam sambutannya menyampaikan terimakasih pada Kepala Desa Sipora Jaya, atas inisiasi gerakan menanam di pekarangan ini. Harapannya, kegiatan ini jadi contoh oleh desa-desa lain di Mentawai.

"Ini selayaknya jadi contoh, tak sekadar seremoni. Karena, halo ini bisa meningkatkan kesejahteraan desa, meningkatkan ketahanan pangan dan penurunan inflasi," terangnya.

"Ketiga hal ini adalah dampak positif dari penanaman tanaman holtikultura ini. Karena, Mentawai memiliki lahan yang subur, akan tetapi tidak sampai di situ, lahan ini harus dikelola dan dimanfaatkan," tambahnya.

Dalam dunia pertanian, terang Fernando, juga diperlukan teknologi. Jangan lagi mengunakan teknologi tradisional. Semua informasinya, bisa diakses melalui youtube atau bacaan-bacaan teknologi yang tepat.

"Manfaatkan juga penyuluh untuk mendampingi kegiatan pertanian, sehingga bisa berkembang dan berkesinambungan," harap dia. (*)

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis Prokopim Mentawai

Bagikan: