Bupati Mentawai Ikut Rakornas Wasin 2023, Presiden Sentil Penggunaan Anggaran Tak Berorientasi Hasil

Sabtu, 17 Juni 2023, 15:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Bupati Mentawai Ikut Rakornas Wasin 2023, Presiden Sentil Penggunaan Anggaran Tak...
Bupati Mentawai, Fernando J Simanjuntak bersama Martinus Dahlan (Sekdas) dan pimpinan OPD, mengikuti secara virtual Rakornas Pengawasan Intern Tahun 2023, secara virtual di ruangan rapat kantor bupati, Rabu. (humas)

MENTAWAI (14/6/2023) - Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando J Simanjuntak ikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern (Wasin) Tahun 2023, secara virtual di ruangan rapat kantor bupati, Rabu.

Rakornas dengan tema 'Kawal Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi' itu, juga diikuti Sekda Mentawai, Martinus D dan beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kepulauan Mentawai.

Presiden Joko Widodo dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih pada BPKP, yang telah bekerja keras menjaga tata kelola pemerintahan, sehingga bisa lebih efektif dan efisien.

Presiden juga menyampaikan, saat ini indonesia sedang fokus untuk melakukan peningkatan produktivitas utamanya menuju Indonesia Emas 2045. Salah satu caranya, semua yang digunakan dari APBN dan APBD, harus produktif.

Baca juga: Dinas Kesehatan Mentawai Gagas Kebun Herbal Kukuet, Bupati: Layak jadi Destinasi Wisata

"Jangan sampai, misalnya anggaran belanja penurunan stunting Rp10 miliar, sebanyak Rp8 miliar digunakan untuk perjalanan dinas, rapat dan lain-lain, hanya Rp2 miliar yang digunakan untuk penurunan stunting," ungkap Presiden Jokowi.

Mestinya, tegas presiden, Rp8 milir digunakan untuk mengatasi stunting dan sisanya Rp2 miliar untuk lain-lain. "Dengan begitu, program yang dilaksanakan dapat terlaksana dengan baik," tegasnya.

"Ini tugas BPKP yaitu arahkan Kementrian/Lembaga dan daerah, ke hal-hal yang konkrit, biar produktif dan orientasi ke hasil agar kita bisa bersaing dengan negara-negara lain," tegas Presiden Joko Widodo.

Acara yang dibuka Presiden Joko Widodo di Auditorium Gandhi BPKP itu, juga dihadiri Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh.

Baca juga: HUT Mentawai ke-24 Tahun, Wagub Sumbar: Pembangunan SDM itu Penting dan Tidak Bisa Instan

Dalam laporannya, Yusuf Ateh menyampaikan, BPKP selalu berkomitmen dalam pengawasan keuangan dan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Halaman:

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis Prokopim Mentawai

Bagikan: