Fernando J Simanjuntak Minta TP-PKK Mentawai Berperan Tekan Inflasi, Stunting dan Kemiskinan

Jumat, 26 Mei 2023, 21:40 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Fernando J Simanjuntak Minta TP-PKK Mentawai Berperan Tekan Inflasi, Stunting dan...
Pj Bupati Mentawai, Fernando J Simajuntak, memanen hasil tanam warga di Bukit Pamewa SP-3 Tua Pejat, Mentawai, Jumat. (daniwarti)

MENTAWAI (26/5/2023) - Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Fernando J Simajuntak meminta Tim Penggerak PKK ikut berperan aktif menekan laju inflasi, penurunan angka stunting dan kemiskinan.

"Kita mengapresiasi, apa yang telah dilakukan ibu-ibu TP-PKK terutama Dasawisma Mawar, dalam membantu penanganan inflasi dengan menanam tanaman kebutuhan sehari-hari seperti sayur-sayuran," ungkap Fernando saat kunjungan kerja ke Dasa Wisma Mawar di Dusun Bukit Subur, Desa Bukit Pamewa, Jumat.

Fernando turun ke lapangan bersama Ketua Tim Penggerak PKK Mentawai, Meistina Fernando beserta Asisten I Pemkab Mentawai, Dulsumarno serta Kabag Protokoler, Sandra Octavia.

Menurut dia, Dasawisma Mawar yang juga meproduksi tempe dan tahu yang kemudian dijual ke warung-warung, dalam memasok kebutuhan sehari-hari, juga sebuah langkah efektif dalam menekan angka stunting.

Baca juga: IBangga Sumbar Capai Angka 60,99 Persen, Masuk Kategori Sedang

"Tahu dan tempe, memiliki manfaat yang baik untuk mencegah stunting. Karena, kandungan protein, zat besi dan kalsium pada tempe lebih tinggi dibanding daging sapi, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak balita," ungkapnya

Fernando mengatakan, kegiatan yang telah dilakukan Dasawisma Mawar ini, sejalan dengan tujuan Pemkab Mentawai dalam hal menekan angka inflasi.

"Dengan adanya pemanfaatan lahan pekarangan, setiap rumah tangga bisa menyediakan sayur mayur secara swadaya dan tanaman obat, sehingga tidak perlu mendatangkan dari luar," ungkap dia.

"Hal ini akan berdampak secara ekonomi, dengan meningkatnya ekonomi masyarakat dapat menekan lajunya inflasi di Mentawai," tambahnya.

Baca juga: Yennita Sarankan PKK Kecamatan Miliki Nagari Binaan, Ini Tujuannya

Fernando juga berpesan, agar Dinas PMD2KB, terus mendukung kegiatan ibu-ibu PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai. (dni)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH