Visitasi KI Sumbar, Benny: Kita Bersiap Sejak Dua Tahun Lalu

Kamis, 19 November 2015, 12:34 WIB | Wisata | Kab. Dharmasraya
Visitasi KI Sumbar, Benny: Kita Bersiap Sejak Dua Tahun Lalu
Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pemeringkatan KIP KI Sumbar, Sondri, Kamis (19/11/2015) menjelaskan proses pemeringkatan keterbukaan informasi publik pada Sekda Dharmasraya, Benny Muchtar dan Budi Waluyo (Humas Setdakab Dharmasraya). (istimewa)

VALORAnews - Setelah menuntaskan visitasi ke badan publik di Kota Padang, dalam rangka pemeringkatan keterbukaan informasi publik (KIP), Kamis (19/11/2015), tim visitasi Komisi Informasi (KI) Sumbar, sambangi Dharmasraya.

"Bagian terpenting dengan grade nilai tertinggi dalam pemeringkatan KIP, yang akan diserahkan pada malam anugerah awal Desember adalah visitasi (penilaian langsung ke badan publik). Hari ini kita melakukannya di Dharmasraya," ujar Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pemeringkatan KIP KI Sumbar, Sondri, di Pulau Punjung.

Sekda Dharmasraya, Benni Mukhtar mengatakan Pemkab Dharmasraya, sudah lama mempersiapkan diri terhadap agenda ini.

"Persiapan untuk Dharmasraya terbuka informasi publik sudah dua tahun yang lalu, PPID Utama juga mampu melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah di sini," ujar Benni.

Baca juga: 5 Komisioner KI Sumbar Dilantik, Gubernur Ingatkan Soal Disinformasi dan Missinformasi

Masuk nominasi adalah sebuah prestasi kalau kerja PPID Dharmasraya sudah merujuk kepada filosofi yang diinginkan keterbukaan informasi publik.

"Apalagi hasil penilaian kami menjadi terbaik, tentu ini menambah motivasi Dharmasraya menuju kabupaten terbuka informasi publik," ujarnya.

Pada bagian lain, Anggota tim visitasi Adrian Tuswandi mengatakan, kegiatan ini penting karena melakukanverifikasi dokumen terkait isian kuisioner yang telah dikembalikan badan publik yang masuk nominasi.

"Pemkab Dharmasraya pada penilaian tahap pertama (kuisioner dan website resmi) masuk nominasi, pada visitasi ini akan diuji apakah dokumen yang dikatakan ada pada qusioner memang benar adanya atau tidak," ujar Adrian.

Baca juga: DPRD Sumbar Umumkan 5 Anggota Komisi Informasi Terpilih, 3 Orang Alumni Ilmu Politik FISIP Unand

Pada visitasi dalam kota Padang kemarin, uji ketersediaan dokumen banyak membuat badan publik kelabakan.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: