PEMILU 2024, Alirman Sori: Sistem Pemilihan Tanpa Edukasi, itu Nothing !

Rabu, 26 April 2023, 21:32 WIB | 249 klik | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PEMILU 2024, Alirman Sori: Sistem Pemilihan Tanpa Edukasi, itu Nothing
Alirman Sori, anggota DPD RI (baju merah maron), saat diskusi bersama insan pers di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, dalam agenda kunjungan daerah pemilihan, Minggu (25/03/2023)

PESISIR SELATAN (26/04/2023) - Anggota DPD RI asal Sumatera Barat, Alirman Sori menegaskan, sistem pemilihan apapun yang akan dipakai dalam pemilu, tanpa edukasi ke masyarakat tidak akan berarti apa - apa.

"Kalau saya pelajari, secara ilmu politik, sistem apapun yang akan dibangun, sistem ya, sepanjang masyarakat kita edukasinya terbatas, itu nothing," ujar Alirman Sori, di Painan.

Perihal tersebut, disampaikan saat diskusi bersama insan pers di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, dalam agenda kunjungan daerah pemilihan, Minggu kemarin.

Alirman Sori mengatakan, semua anggota DPD kembali ke daerah masing - masing, ditugaskan untuk mendengarkan berbagai pendapat dan pandangan, terkait persiapan pelaksanaan pilpres dan pileg tahun 2024.

Baca juga: PEMILU 2024, Alirman Sori: Sistem Pemilihan Tanpa Edukasi, itu Nothing !

Semua itu, untuk mendengarkan dan mendapatkan, apa sih sebenarnya kegalauan masyarakat menghadapi pilpres dan pileg mendatang.

"Ini bagi kami (DPD RI) perlu, karena ini bahan diskusi, bahan bagi kami juga nanti, dalam rangka melakukan perubahan-perubahan kebijakan di se tingkat undang-undang," ucap Alirman Sori.

Beragam usulan, pertanyaan, dan tanggapan muncul dalam diskusi tersebut.

Seperti; banyak masyarakat yang belum mengerti apa itu sistem pemilu terbuka dan tertutup, edukasi politik (dari parpol) ke masyarakat, dan lain - lain.

Baca juga: Lahirkan 6 Butir Kesepakatan: Rapat dengan Komisi II DPR RI, KPU Komit Gunakan Sistem Pemilu Proporsional Terbuka

"Nah, itu yang dimaksud tadi, kalau ingin demokrasinya berkualitas, kita memang harus menyehatkan cara berpikir masyarakat kita," ujarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
Banner - kab mentawai