PEMILU 2024, Alirman Sori: Sistem Pemilihan Tanpa Edukasi, itu Nothing !

Rabu, 26 April 2023, 21:32 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PEMILU 2024, Alirman Sori: Sistem Pemilihan Tanpa Edukasi, itu Nothing !
Alirman Sori, anggota DPD RI (baju merah maron), saat diskusi bersama insan pers di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, dalam agenda kunjungan daerah pemilihan, Minggu (25/03/2023)

Untuk itu, kehendak rakyat tidak boleh dikesampingkan. Maksudnya, orang-orang yang dianggap punya kapasitas untuk memperjuangkan kepentingan rakyat dan daerahnya, mestinya itu dibuka ruang.

Dan, tentu ini tidak mudah, karena secara internal, partai itu punya target serta tujuan yang sulit bisa di intervensi oleh pihak ketiga.

Apalagi, pikiran mereka kan bersifat futuristik, jauh ke depan, mempersiapkan bagaimana partainya semakin hari semakin besar, besar, dan besar terus.

Bicara politik lokal (secara lokalism) di kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, misalnya.

Pesta demokrasi seperti apa yang didambakan sesungguhnya oleh masyarakat. Apakah yang sifatnya seremonial, struktural atau substansial.

Kalau demokrasi substansial: itu tentu mengedepankan apa namanya nilai-nilai kemampuan seseorang, untuk didorong maju.

Di partai, siapapun kader misalnya, itu yang didorong. Tidak melihat dia berasal dari mana, bukan itu yang dilihat.

Tapi, apakah mereka punya kapasitas atau tidak, mereka mau atau tidak untuk kepentingan masyarakat yang diwakili.

"Di sinilah peran pers. Pers idealnya ikut berjuang dalam memberikan penyegaran, pencerdasan, melalui pemberitaan. Bahwa, pesta demokrasi 2024 ini, adalah demokrasi Mambangkik Batang Tarandam (membangkit batang/pohon yang terendam)," ungkap Alirman Sori.

Demokrasi Mambangkik Batang Tarandam itu, esensi sebenarnya adalah jangan lagi terkecoh dengan gaya orang yang merakyat lah, yang ini lah, yang sederhana lah, intinya ini.

"Jadi kalau mau demokrasi substansial itu, biarlah orangnya sangar, letaklah seperti itu dalam tanda kutip, tapi dia bekerja untuk rakyat, tegak bersama rakyat. Dan berani membela rakyat. Tidak yang berpura-pura, atau ngeles ngeles," tegas Alirman Sori. (tsp)

Halaman:
1 2 3 4

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: