Selama Dua Hari, 65 Anggota DPRD Sumbar Bergerak Sosialisasikan Perda

Sabtu, 15 April 2023, 18:16 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Selama Dua Hari, 65 Anggota DPRD Sumbar Bergerak Sosialisasikan Perda
Ketua DPRD Sumbar, Supardi.

PADANG (14/4/2023) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan, salah satu kewajiban dan tanggung jawab dari DPRD adalah, bagaimana agar Ranperda yang telah dibahas secara bersama dan sudah dijadikan produk hukum daerah, bisa dipahami tidak hanya oleh masyarakat tapi juga seluruh stakeholder yang ada.

"Terhitung tanggal 14-15 April, sebanyak 65 anggota DPRD Sumbar turun ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing untuk melaksanakan sosialisasi peraturan daerah (Perda)," ungkap Supardi di Padang, Jumat.

Ia menuturkan, Perda merupakan salah satu instrumen hukum yang diakui negara.

Selama ini sering terjadi, banyak Perda telah dibuat namun tidak diikuti peraturan turunan di bawahnya, sehingga regulasi yang sudah ada tidak berjalan secara efektif dan efesien.

Baca juga: Supardi Ingatkan Sekretariat DPRD Sumbar Soal Pertanggungjawaban Administratif, Ini Alasannya

Melalui adanya sosialisasi Perda yang dilaksanakan pimpinan dan anggota DPRD Sumbar, diharapkan masyarakat, dan pemerintah daerah kabupaten/kota bisa mengetahui bahwasanya ada aturan dalam bentuk Perda yang sudah dibuat, wajib dijalankan, dan sifatnya mengikat terhadap pemerintah dan masyarakat.

Ia mencontohkan, hal tersebut misalnya seperti Perda tentang mars Sumatera Barat yang sudah disahkan pada Juni 2022 lalu.

Karena regulasinya sudah ada, setiap acara resmi yang dilakukan pemerintah, baik itu pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, lagu mars Sumatera Barat wajib untuk dikumandangkan.

Hal tersebut mesti dilakukan setelah mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

Baca juga: Pelatihan bagi WRSE Angkatan V, Supardi: Gali Ilmu agar Semangat Berusaha Terpelihara

Namun sejauh ini, masih banyak pemerintah kabupaten/kota yang belum memahami, seakan-akan lagu mars Sumatera Barat boleh dikumandangkan dan boleh tidak.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: