Uji Coba di Sepanjang Jalur Padang-Bukittinggi, IM3 dan Tri Tanpa Pengalaman Ngelag

Kamis, 13 April 2023, 14:12 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Uji Coba di Sepanjang Jalur Padang-Bukittinggi, IM3 dan Tri Tanpa Pengalaman Ngelag
Satu unit mobile base transceiver station (MBTS) di Lembah Anai yang akan mendukung kualitas layanan pelanggan IM3 dan Tri yang tengah melewati rute Lembah Anai yang biasanya alami kondisi blank spot. (istimewa)

JAKARTA (12/4/2023) - PT Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) pastikan, pelanggan IM3 dan Tri (3) yang melawati jalur Padang-Bukittinggi selama libur Idul Fitri 1444 H ini, tak lagi punya pengalaman blank spot di kawasan Lembah Anai seperti yang terjadi selama ini.

"Kita menyiagakan satu unit mobile base transceiver station (MBTS) di Lembah Anai. Ini merupakan satu dari 13 MBTS yang kita pasang di Indonesia untuk momen mudik lebaran 1444 H ini," ungkap VP Head of Technology Region Sumatera, Ade Kurniawan pada wartawan di Padang, Rabu sore.

Dengan menyiagakan satu MBTS itu, IOH pun mengajak sejumlah wartawan melakukan uji kualitas jaringan di jalur Padang-Bukittinggi. Sepanjang perjalanan, penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook dan WhatsApp terus dilakukan.

"Alhamdulillah, pengalaman kita bersama rekan-rekan wartawan, tak mengalami buffering dan kendala teknis sejenis lainnya," ungkap Ade Kurniawan dalam paparan sebelum buka puasa bersama wartawan di Padang.

Baca juga: Apel Perdana Pascalebaran, Hansastri: Terapkan Disiplin dan Siap Bekerja Dimana Saja

"Bahkan, kita bisa YouTube-an sembari nyanyi-nyanyi tanpa ngelag sepanjang perjalanan," tambah Ade dalam paparannya.

Ngelag merupakan istilah serapan dari kata bahasa Inggris "lag". Menyadur laman Urban Dictionary, lag atau ngelag artinya peristiwa melambatnya jaringan, gambar, atau permainan yang sedang berlangsung.

Jaringan Terintegrasi

Secara nasional, perseroan melakukan optimalisasi jaringan pada hampir 400 titik pusat keramaian di seluruh tanah air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan.

Baca juga: Hari Pertama Kerja di Pemkab Agam, Edi Busti: Awali dengan Semangat Baru

"Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 9 jalur kereta, 17 jalan tol termasuk tol Jakarta-Surabaya dan 30 jalan non-tol seperti Padang-Bukittinggi dan Banjarmasin-Martapura," ungkap President Director and CEO IOH, Vikram Sinha yang diikuti secara daring dari Padang, Rabu sore.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: