Hujan Lebat Guyur Kabupaten Agam, Bencana Alam Dilaporkan Terjadi pada 8 Kecamatan

Rabu, 29 Maret 2023, 15:47 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Hujan Lebat Guyur Kabupaten Agam, Bencana Alam Dilaporkan Terjadi pada 8 Kecamatan
Tebing terban hingga menimbun jalan, di Jorong Batuang Panjang Nagari Sungai Batang. Material longsor menutupi akses jalan sepanjang 10 meter dengan tinggi 1,5 meter. (humas)

AGAM (29/3/2023) - Kalaksa BPBD Agam, Bambang Warsito mengungkapkan, hujan dengan intesitas lebat melanda Kabupaten Agam sepanjang Selasa (28/3/2023), memicu terjadinya bencana alam di 8 kecamatan.

"Kami mencatat, sejak hujan lebat pukul 04.00 dini hari hingga 20.30 WIB, setidaknya ada delapan kecamatan di Agam yang terkena dampak bencana," ungkap Bambang di Lubukbasung, Rabu.

Ia merinci, bencana yang melanda 8 kecamatan itu jenisnya beragam seperti tanah longsor, banjir hingga pohon tumbang.

Kecamatan-kecamatan yang dilanda bencana itu yakni Kecamatan Tanjung Mutiara. Pihaknya mendapat laporan pohon tumbang di Jorong Cacang Randah Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara.

Baca juga: MAWARDI ROSKA: Destana, Upaya Nagari Meminimalisir Resiko Bencana

"Pohon tumbang ini menimpa bangunan kantor Jorong Cacang Randah," katanya.

Selanjutnya di Kecamatan Lubuk Basung. Di kecamatan ini pihaknya menerima laporan pohon tumbang di dua lokasi berbeda.

Pertama di Parik Panjang Nagari Kampung Tangah, Kecamatan Lubuk Basung yang berdampak menutupi akses jalan dan menimpa kabel listrik.

Kedua, di Pincuran Tujuah Jorong Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung. Pohon tumbang menimpa rumah masyarakat.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, 29 Kejadian Bencana Alam Landa Kabupaten Agam

Lalu di Kecamatan Tanjung Raya. Pihaknya mendapat laporan tanah longsor di dua lokasi berbeda dan kejadian banjir. Tanah longsor pertama di, Jorong Alai Nagari Koto Malintang. Material menutupi sebagian ruas jalan Provinsi Manggopoh-Padang Lua.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: