Ajang ADWI 2023, Sumatera Barat Paling Banyak Loloskan Desa Wisata se Pulau Sumatera

Jumat, 24 Maret 2023, 08:57 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Ajang ADWI 2023, Sumatera Barat Paling Banyak Loloskan Desa Wisata se Pulau Sumatera
Atraksi kebudayaan dari Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung di Kabupaten Sijunjung yang masuk nominasi 75 besar ADWI Tahun 2023. (dok jadesta)

PADANG (24/3/2023) - Sumatera Barat meloloskan paling banyak Desa Wisata pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023 di tingkat Pulau Sumatera.

Berdasarkan pengumuman yang dilansir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Sumatera Barat meloloskan lima desa di ajang ADWI 2023.

Sementara, provinsi lainnya di Pulau Sumatera, rerata hanya berhasil meloloskan 1 desa wisata saja. Seperti, Provinsi Sumsel, Kepri, Riau, Bengkulu, Lampung dan Jambi yang masing-masing meloloskan 1 desa wisata. Kemudian, Aceh 3, Sumut 3 dan Babel 2.

Lima Desa Wisata Asal Sumbar Masuk 75 Besar ADWI 2023:

  1. Padang Pariaman, Desa Wisata Nyarai
  2. Padang Panjang, Desa Wisata Kubu Gadang
  3. Sijunjung, Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung
  4. Agam, Desa Wisata Lawang
  5. Mentawai, Desa Wisata Muntei

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 telah mencapai tahap akhir pengumuman 75 Desa Wisata Terbaik. Pengumuman disampaikan langsung oleh Menparekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno secara online melalui akun sosial mediaKemenparekraf pada Selasa (21/3/2023) malam.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Usai pengumuman final peraih ADWI 2023, selanjutnya akan dilakukan peninjauan dan penilaian secara langsung ke 75 Desa Wisata Terbaik oleh Menparekraf RI bersama para dewan juri.

"Jadikan capaian ini sebagai motivasi untuk terus mengembangkan Desa Wisata yang berkualitas dan berkelas dunia," pesan Sandiaga Uno dalam video itu.

Diketahui, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menggelar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Pada 30 Januari 2023 lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, resmi meluncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Baca juga: PILKADA PESSEL: KPU Rekrut 75 Orang Calon PPK

Anugerah Desa Wisata Indonesia adalah ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang memenuhi kriteria penilaian Kemenparekraf/Baparekraf. Tak hanya "berlomba," ADWI 2023 diharapkan dapat menggerakkan perekonomian Indonesia.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: