Apel Siaga Patroli Kawal Hak Pilih, Bawaslu Sumbar Waspadai Pemilih Kelompok Rentan

Rabu, 01 Maret 2023, 21:53 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Apel Siaga Patroli Kawal Hak Pilih, Bawaslu Sumbar Waspadai Pemilih Kelompok Rentan
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat, Alni memberikan arahan pada apel siaga patroli kawal hak pilih, di kantor Bawaslu Sumbar, Jl Pramuka, Padang, Senin. (istimewa)

PADANG (1/3/2023) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat, Alni meminta jajaran pengawas di seluruh tingkatan, memastikan adanya tindak lanjut terhadap saran perbaikan atas ketidaksesuaian terhadap kinerja KPU dan pantarlih selama tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih.

Selain itu, kata Alni, Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota se-Sumatera Barat, secara langsung mendatangi pemilih rentan yang berpotensi terabaikan dan disalahgunakan hak pilihnya.

Seperti, pemilih disabilitas, masyarakat adat, masyarakat yang tidak berdomisili sesuai dengan Kartu Tanda Penduduknya, serta masyarakat yang telah meninggal dunia namun masuk dalam data atau daftar pemilih di KPU.

"Ini merupakan poin-point penting yang mesti diamati selama kegiatan 'Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih' pada masa tahapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilu 2024," ungkap Alni saat memberikan arahan pada apel siaga patroli kawal hak pilih, Senin.

Baca juga: 143.779 DPT Pemilu 2024 se-Sumatera Barat Belum Miliki KTP Elektronik, Ini Kata Bawaslu

Selain itu, Alni menyebut, Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, juga melakukan sosialisasi pada masyarakat mengenai kesadaran akan status hak pilihnya mulai dari tahapan Coklit hingga pelaksanaan pemungutan suara.

"Sasaran difokuskan kepada masyarakat yang rentan dalam kerawanan hak pilih," terang dia.

"Memudahkan masyarakat untuk melaporkan dugaan pelanggaran, Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat akan mendirikan Posko Pengaduan Keliling Kawal Hak Pilih," tambah Alni. (vri)

Baca juga: Ini Ketua dan Koordinator Divisi Bawaslu Sumatera Barat Periode 2023-2027

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: