Cabor Petanque Bakal Dilombakan di Porprov 2023, Fadly Amran: Semoga jadi Penyumbang Emas

Minggu, 05 Februari 2023, 15:23 WIB | Olahraga | Kota Padang Panjang
Cabor Petanque Bakal Dilombakan di Porprov 2023, Fadly Amran: Semoga jadi Penyumbang Emas
Ketua Pelaksanan Pelatihan Pelatih dan Arbitre Petanque Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diadakan Pengprov FOPI Sumbar, Sabtu (4/2/2023) di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (kominfo)

PADANG PANJANG (4/2/2023) - Cabang olahraga (Cabor) Petanque bakal dipertandingkan dalam Porprov Sumbar Tahun 2023.

Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran menyatakan dukungan pada Pengkot Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Padang Panjang.

"Dalam ajang Porprov 2023 nanti, Padang Panjang akan menjadi lokasi penyelenggara pertandingan Petanque," ungkapnya saat membuka Pelatihan Pelatih dan Arbitre Petanque Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diadakan Pengprov FOPI Sumbar, Sabtu (4/2/2023) di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Dikatakan, dengan pelatihan ini bisa menjadi awal kemajuan dan perkembangan Petanque yang terbilang baru di Sumatera Barat.

Baca juga: Sukses di Kelurahan Busur, Fadly Amran Minta Pola Pembangunan ala Kotaku Diadopsi

"Kami berharap cabor ini bisa menjadi salah satu cabor penyumbang emas bagi Sumatera Barat di tingkat nasional dan juga bagi Indonesia di tingkat internasional," tambahnya.

Pelatihan diikuti sebanyak 56 peserta dari 17 pengkab/pengkot FOPI se-Sumbar dan juga Pengkot Pekanbaru, Provinsi Riau.

Dengan mendatangkan instruktur pelatih dari Universitas Negeri Jambi, Rasyono dan instruktur arbitre, TD Petanque PON Aceh-Sumut 2024, Hassanudin.

Dari beberapa literatur yang dihimpun, Petanque (dibaca petong-red) merupakan olahraga asal Prancis. Di Indonesia, cabor ini dipertandingkan pada Sea Games XXVI-2011 di Jaka Baring, Sumatera Selatan.

Baca juga: K3S Insisiasi Gerakan Puasa Senin-Kamis di SD se-Kota Padang Panjang, Ini Kata Wali Kota

Olahraga ini menyerupai permainan kelereng, namun memiliki bentuk bola yang lebih besar. Ada dua jenis pertandingan dalam petanque.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: