Antisipasi Erupsi Gunung Marapi, BPBD Agam Pasang Tanda Jalur Evakuasi di 3 Lokasi

Jumat, 20 Januari 2023, 10:39 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Antisipasi Erupsi Gunung Marapi, BPBD Agam Pasang Tanda Jalur Evakuasi di 3 Lokasi
Personel BPBD Agam, menandai aspal jalan sebagai jalur evakuasi di tiga lokasi yang menjadi wilayah perbatasan Nagari Lasi dan Bukik Batabuah, Agam, Kamis. (humas)

AGAM (20/1/2023) - BPBD Agam memasang rambu jalur evakuasi di sejumlah perkampungan yang ada di lereng Gunung Marapi tepatnya nagari-nagari yang ada di Kecamatan Canduang. Ini untuk memudahkan evakuasi warga ketika terjadi erupsi.

Kalaksa BPBD Agam, Bambang Warsito mengatakan, pemasangan rambu itu dilakukan dalam rangka siaga bencana erupsi Gunung Marapi.

Pemasangan rambu dan survei ini pihaknya melibatkan Kelompok Siaga Bencana (KSB) nagari hingga kecamatan di wilayah sekitar lereng Gunung Marapi.

"Hal ini agar KSB, pihak nagari dan kecamatan menjalin koordinasi yang lebih intens dalam penanggulangan bencana erupsi, jika intensitasnya semakin meningkat nantinya," kata Bambang, Kamis.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Dapat Bantuan 2 Unit Kendaraan Dapur Umum dari BNPB

Bambang menyebut, terdapat tiga titik atau wilayah lereng Marapi yang disurvei untuk pemasangan rambu evakuasi tersebut.

Tiga lokasi itu yakni, Rumbai Cumantiang, Tabek Gadang dan Guguak yang menjadi wilayah perbatasan Lasi dan Bukik Batabuah.

Menurut Bambang, ketiga wilayah itu merupakan perkampungan paling dekat dengan kawah Gunung Marapi, sehingga hal ini mesti diwaspadai.

Kendati begitu, kata dia, saat ini wilayah ini masih berada dalam radius aman.

Baca juga: 8 Personel BPBD Bukittinggi Terlibat Proses Evakuasi Survivor Letusan Gunung Marapi

"Dalam radius aman sesuai imbauan pengamatan gunung api (PGA) yakni 3 KM dari kawah, memang kampung ini masih terbilang aman, tapi tentu kita harus bersiap," ujarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: