Seminar Parenting di Pasaman: Ini Tips Nevi Zuairina dalam Pengendalian Gadget pada Anak

Senin, 09 Januari 2023, 11:55 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman
Seminar Parenting di Pasaman: Ini Tips Nevi Zuairina dalam Pengendalian Gadget pada Anak
Anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Hj Nevi Zuairina jadi pembicara pada seminar parenting yang digelar di Pasaman, kemarin.

PASAMAN (8/1/2023) - Anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Hj Nevi Zuairina berbagi trik menggunakan gadget yang selama ini digunakan anak-anak. Ia mengatakan, tak dapat dipungkiri, bahwa kehidupan anak zaman sekarang begitu akrab dengan teknologi digital.

"Gadget terutama HP Pintar dan Tablet tidak lagi menjadi barang asing, termasuk bagi anak-anak. Kehadiran gadget bisa memudahkan kehidupan manusia, mulai dari membantu bekerja, belajar, berbelanja, atau sekadar mencari hiburan. Namun ada juga dampak negatif yang dapat ditimbulkan bila bila digunakan secara tidak bijak," tutur Nevi pada seminar parenting di Pasaman, kemarin.

Legislator dari Fraksi PKS ini menjabarkan, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat tersebut, akhirnya turut serta memaksa orang tua untuk merubah cara mereka dalam mendidik anak

Ia mengingatkan, bila penggunaan Gadget dilakukan secara bebas tak terkendali, kehadiran era digital ini akan berdampak buruk terhadap tumbuh kembang anak.

Baca juga: Nevi Zuairina Serahkan TJSL Semen Padang di 5 Titik

"Saya menyoroti, setidaknya ada dua perspektif dampak negatif dari bahaya gadget ini bagi tumbuh kembang anak. Yang pertama dari segi kesehatan fisik dan mental serta yang kedua dari segi kesehatan akhlak," urai Nevi.

Politisi Daerah Pemilihan Sumbar II ini menambahkan, faktor kesehatan yang perlu diwaspadai dari ekses penggunaan gadget ini antara lain Kurang Tidur, Gangguan pada Mata, Obesitas dan masalah mental.

Sedangkan dampak terhadap akhlak, urai dia, bersumber dari akses konten internet yang begitu luas dari smartphone.

Perkembangan dunia teknologi saat ini membuat anak-anak kita bisa mengakses semua informasi dan semua nilai dan norma yang ada di dunia ini, baik itu positif maupun negatif tanpa filter.

Baca juga: Nevi Zuairina Minta Regulasi Perkoperasian Mampu Mengurai Persoalan

"Filter yang paling dominan mesti dihadirkan pada pendampingan orang tua terhadap anak pada penggunaan gadget."

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: