Solok Radjo, Janjikan Kenikmatan Seduhan Sembari Belajar tentang Kopi

Kamis, 22 Desember 2022, 19:48 WIB | Wisata | Kab. Solok
Solok Radjo, Janjikan Kenikmatan Seduhan Sembari Belajar tentang Kopi
Pengunjung objek wisata Solok Radjo tengah belajar tentang seluk beluk tanaman kopi. (dok @solokradjo)

PADANG (22/12/2022) - Data Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar, terdapat 27 ribu hektare lahan kopi di Tanah Minang, yang terdiri atas jenis Robusta 17 ribu hektare dan Arabika 10 ribu hektare hingga 2022 ini.

Dari cakupan areal seluas itu, salah satu spot wajib yang mesti dikunjungi penikmat kopi nusantara yakni Koperasi Solok Radjo di kenagarian Aie Dingin, kecamatan Lembah Gumanti, kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat

Koperasi Solok Radjo adalah rumah bagi kopi-kopi istimewa hasil bumi Ranah Minang dan Sumatera Bagian Tengah, yang dikelola oleh petani dan kelompok tani yang bernaung di dalamnya.

Di lokasi ini, biji-biji kopi dalam bentuk gabah dari semua desa dikumpulkan, di jemur, disortir untuk kemudian dikirim ke para pembeli.

Baca juga: 40 Pengelola Homestay Ikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Usaha

Koperasi Solok Radjo tidak hanya membeli kopi kepada petani namun juga berperan sebagai motor penggerak dari kebangkitan kopi-kopi tersebut.

Salah satu petani mitra Koperasi Solok Radjo, adalah Ayah. Pria paruh baya ini merupakan salah seorang petani kopi yang sudah menghasilkan kopi arabika terbaik dari Solok Radjo.

"Kawan-kawan yang berkunjung ke lokasi, bisa lansung berjumpa dengan Ayah. Kami juga ada paket eduwisata untuk kawan-kawan yang ingin belajar tentang kopi," dikutip dari akun instagram @solokradjo, Kamis.

Jadi, penikmat kopi nusantara yang ingin menyeduh langsung dari bahan yang diambil dari dikebunnya, bisa menghubungi contact person di nomor HP 081276919553 dan 082312171392.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Kunker ke Kabupaten Solok, Bicara Jalan Penghubung dan Sektor Pariwisata

Ritual Cupping

Halaman:

IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: